Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 9-12 Tahun melalui Permainan Catur.

Authors

  • Achmad Ridlo

DOI:

https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2962

Abstract

Kemajuan teknologi sangat mendukung terhadap perkembangan peradaban manusia terutama dalam peningkatan intelektualitas. Tidak semua teknologi tercanggih dapat membantu menstimulasi, meningkatkan, dan mengembangkan seluruh aspek kemampuan manusia. Kita tentu harus memikirkan generasi penerus, bagaimana kita membantu meningkatkan, dan mengembangkan kemampuan mereka terutama untuk anak Sekolah Dasar Usia 9-12 yang berada pada masa Kanak-Kanak akhir.

Pada umumnya, anak usia 9-12 tahun duduk di kelas 4,5 dan 6 Sekolah Dasar (SD). Anak usia 9-12 tahun biasanya mempunyai ciri-ciri yang khas yaitu perhatiannya tertuju pada kehidupan praktis sehari-hari; rasa ingin tahu yang tinggi, ingin belajar dan realistik; timbul minat-minat pada pelajaran-pelajaran khusus; anak memandang nilai sebagai ukuran yang tepat mengenai prestasi belajarnya di sekolah dan suka membentuk kelompok sebaya atau peergroup untuk bermain bersama dengan membuat peraturan sendiri dalam kelompoknya. Anak pada usia 9-12 tahun ini termasuk pada tahap operasional konkrit menurut Jean Piaget dalam Rita Eka Izzaty (2008 :104).

Published

2015-02-09

How to Cite

Ridlo, A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 9-12 Tahun melalui Permainan Catur. Jurnal Ilmiah WUNY, 16(3). https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2962