Semiotika Batik Motif Weton Indonesia karya Omah Kreatif Dongaji dengan Pendekatan Charles S.Peirce
DOI:
https://doi.org/10.21831/sungging.v1i2.55029Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan semiotika batik Weton Indonesia karya Omah Kreatif Dongaji berdasarkan pendekatan Charles S. Peirce. Jenis penelitian ini adalah dekriptif kualitatif dan pengambilan sampel dilakukan secara purposive dan snowball. Teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis menurut teori Pierce. Motif-motif batik Weton memiliki makna masing masing dalam penggambarannya yang menampilkan motif batik Weton Indonesia, hal itu merupakan bentuk bahasa yang divisualkan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penciptaan motif batik Weton oleh Rumah Kreatif Dongaji adalah bentuknya yang dapat mewakili simbol keagamaan dan juga proses perekonomian masyarakat Yogyakarta. Motif Weton digambar secara paradigmatik dan komposisi dari sudut pandang pencipta yang mengambil motif utama sebagai point of interest (pusat perhatian menggambarkan motif burung enggang dan peta Indonesia sebagai pendukung). Pertimbangan makna keseimbangan dan komposisi yang digunakan menjadikan salah satu daya tarik tersendiri.