PENGEMBANGAN MEDIA GAME DIGITAL EDUKATIF UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2590Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media game digital edukatif yang efektif untuk pembelajaran menulis laporan perjalanan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini merupakan penelitian R & D melalui tahapan analisis kebutuhan, pembuatan desain game, validasi produk, dan uji coba lapangan. Media game digital edukatif yang dikembangkan ini layak digunakan untuk pembelajaran menulis laporan perjalanan siswa SMP berdasarkan hasil validasi produk oleh ahli materi dengan hasil rata-rata yaitu 4,67 termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan validasi ahli media dengan hasil rata-rata 4,21 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan uji keefektifan menggunakan uji-t pada saat uji coba lapangan menunjukkan bahwa nilai t hitung (4,543) > t tabel (30;0,05) adalah (1,697). Oleh karena itu, media game digital edukatif yang telah dikembangkan efektif digunakan untuk pembelajaran menulis laporan perjalanan siswa SMP.Kata kunci: pengembangan media, game digital edukatif, menulis laporan perjalanan.
Downloads
Published
2014-10-01
How to Cite
[1]
Pratiwi, A.S. and Musfiroh, T. 2014. PENGEMBANGAN MEDIA GAME DIGITAL EDUKATIF UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. LingTera. 1, 2 (Oct. 2014), 123–135. DOI:https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2590.
Issue
Section
Articles
License
LingTera allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
- Authors are allowed to archive their submitted articles in an open-access repository.
- Authors are allowed to archive the final published article in an open-access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://petier.org/index.php/PETIER.