Pengembangan Kurikulum Berbasis Luaran Di Era Disrupsi (Outcomes-Based Curriculume In Disrupstion Era - OBCiDE) Berdasarkan Stakholders Internal Di Program Studi S1 Teknik Sipil FT UNY
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpts.v4i2.53932Kata Kunci:
Stakeholders internal, era disrupsi, kurikulumAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi yang dibutuhkan lulusan Program Studi S1 Teknik Sipil FT UNY Berbasis Luaran Di Era Disrupsi (Outcomes-Based Curriculume In Disrupstion Era - OBCiDE) berdasarkan Stakeholders Internal di Program Studi S1 Teknik Sipil FT UNY. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dimana pengumpulan data dilakukan dengan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) secara zoom meeting di S1 Teknik Sipil FT UNY yang dihadiri oleh stakeholders internal. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari literatur baik secara dokumen fisik maupun internet yang berisi tentang keteknik sipilan di era disrupsi daan kurikulum SI Teknik Sipil FT UNY yang digunakan saat ini. Teknik analisis data pada penelitian ini merujuk pada Miles dan Huberman dengan empat tahapan, yaitu: (1) Koleksi Data (2) Reduksi Data (3) Tampilan Data (4) Kesimpulan atau Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan perlu diintegrasikannya hal - hal berikut ke dalam kurikulum S1 Teknik Sipil di Era Disrupsi: (1) perlunya memiliki kemampuan informasi dan teknologi dibidang keteknik sipilan sesuai dengan kebutuhan industri yang mengikuti perkembangan dari masa ke masa. (2) penggunaan BIM dalam bidang manajemen konstruksi. (3) pentingnya peningkatan kualitas implementasi kurikulum dalam pembelajaran. Masukan tersebut dapat ditambahkan ke dalam rumusan CPL dan struktur kurikulum yang ada.Pengembangan Kurikulum Berbasis Luaran Di Era Disrupsi (Outcomes-Based Curriculume In Disrupstion Era - OBCIDE) Berdasarkan Stakholders Internal Di Program Studi S1 Teknik Sipil FT UNYReferensi
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik (2021). Keadaan Tenaga Kerja Indonesia Agustus 2021. Jakarta. BPS. No.84/11/Th. XXIV, 05 November 2021
Direktorat Pendidikan Tinggi (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era 4.0 untuk mendukung Merdeka Belajar –
Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Rachmad Prihadi, W. (2019). Model Teacherpreneur Pada Pembelajaran Vokasi Menghadapi Era Disrupsi dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 1(1). doi:https://doi.org/10.21831/jpts.v1i1.28274
Somani, G. (2020). Outcome Based Education - A Solution To Rising Unemployment. https://www.mastersofterp.com/blog/outcome-based-education-a-solution-to-rising-unemployment/
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutarto. (2019). Filosofi Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Vokasi Dalam Era Disrupsi. Pengukuhan Guru Besar, Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta, DI Yogyakarta.
Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.
Tim kurikulum Prodi Teknik Sipil. (2020). Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Program Studi Teknik Sipil Sarjana S1. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.