NILAI-NILAI EDUKATIF LAGU-LAGU MINANG UNTUK MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK

Authors

  • Desyandri Desyandri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.7566

Keywords:

educational values, custom of Minangkabau, Minang songs, character building

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mengidentifikasikan nilai-nilai edukatif lagu-lagu Minang untuk membangun karakter peserta didik. Metode penelitian adalah penelitian konseptual (literatur review), teknik pengumpulan data menggunakan observasi berperan serta, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis hermeneutik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu Minangkabau dan Kampuang nan Jauah di Mato memiliki 9 (sembilan) nilai-nilai edukatif, yaitu: (1) Ketuhanan (syarak atau agamo), (2) kecintaan terhadap ranah Minang, (3) persaudaraan dan gotong-royong, (4) kesatuan dan kebersamaan, (5) musyawarah dan mufakat, (6) adil dan damai, (7) keteguhan hati, (8) waspada, dan 9) disiplin. Nilai-nilai edukatif lagu-lagu Minang tersebut dijadikan sebagai pedoman dalam mengarahkan pikiran, tindakan, dan perilaku peserta didik, sehingga dapat diwujudkan peserta didik yang beradat, beradab, berkarakter.

Kata kunci: nilai-nilai edukatif, adat Minangkabau, lagu Minang, pembangunan karakter

Abstract

This research aims to uncover and identify the educational values of Minang songs for student character building. The research method is a conceptual research (literature review), data collection techniques using participant observation, interviews, documentation, and field notes, while data analysis techniques using hermeneutic analysis. The results showed that Minangkabau and Kampuang nan Jauah di Mato songs has 9 (nine) educational values, namely: (1) belief (syarak or agamo), (2) love of the realm Minang, (3) fraternity and mutual assistance, (4) unity and togetherness, (5) deliberation and consensus, (6) fair and peaceful, (7) courage, (8) alert, and (9) discipline. Educational values of Minang songs are used as guidelines in directing thoughts, actions, and behavior of students, so it can be realized the students were well-mannered, cultured, and charactered.

Keywords: educational values, custom of Minangkabau, Minang songs, character building


Author Biography

Desyandri Desyandri, Universitas Negeri Padang

Desyandri lahir pada tanggal 29 Desember tahun 1972 di Suliki, Kab. Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat dan bertugas pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNP. Memperoleh gelar Ahli Madya pada program diploma 3 Pendidikan Seni Musik FPBS IKIP Padang, kemudian melanjutkan studi ke jenjang S1 Pendidikan Sendratasik FPBS IKIP Padang dan lulus pada tahun 1998 dengan gelar Sarjana Pendidikan, selanjutnya memperoleh gelar Magister Pendidikan pada program studi Pendidikan Dasar Pascasarjana UNP dan lulus pada tahun 2011.

Downloads

Published

2016-10-05

How to Cite

[1]
Desyandri, D. 2016. NILAI-NILAI EDUKATIF LAGU-LAGU MINANG UNTUK MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 3, 2 (Oct. 2016), 126–141. DOI:https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.7566.

Issue

Section

Articles