REVITALISASI NILAI-NILAI BHINNEKA TUNGGAL IKA DAN KEARIFAN LOKAL BERBASIS LEARNING SOCIETY PASCAKONFLIK SOSIAL DI TERNATE

Authors

  • Umar Mustafa Sadjim Universitas Muhammadiyah Maluku Utara di Ternate
  • Noeng Muhadjir Universitas Negeri Yogyakarta
  • FX Sudarsono Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jppfa.v4i1.7227

Keywords:

Revitalisasi, Kearifan lokal, konflik sosial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: pertama, mengidentifikasi dan menganalisis secara mendalam nilai-nilai kearifan lokal melalui pendidikan masyarakat (learning society) pascakonflik sosial di Ternate, serta kedua, upaya merevitalisasi nilai-nilai tersebut untuk ditingkatkan dari kearifan lokal menjadi kearifan global. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan postpositivisme phenomenology Interpretif.Tempat penelitian difokuskan pada empat kecamatan yang berada di kota Ternate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pengembangan nilai-nilai kearifan lokal yang direvitalisasi, melalui: (a) konsensus bersama;(b) reinternalisasi dengan jalur informal, learning society, dan formal.(c) nilai kearifan lokal terdiri dari nilai filosofi, pendidikan, sosial kemasyarakatan, ritual keagamaan, dan nilai kebangsaan. (2) Ternate ikon pluralisme sebagai bentuk kesadaran masyarakat untuk harmoni sosial, yaitu: (a) ketika konflik dan berakhirnya konflik kepercayaan masyarakat menurun, (b) ada subkultur etnis Tionghoa yang merupakan enclave dalam masyarakat Ternate, tetapi harmoni karena ada peran mutualisme, (c) upaya masyarakat yang difasilitasi pemerintah dengan menghimpun berbagai etnis dalam paguyuban dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) sebagai salah satu upaya untuk mempermudah koordinasi, dan bagi tokoh panutan berada dalam Forum Kerukunan antarUmat Beragama (FKUB). (3) pentingnya Revitalisasi nilai pascakonflik sosial, dapat dilihat dari beberapa faktor, yaitu: (a) tingkat kepercayaan antarumat beragama rendah, (b) tingginya primordial dan fanatisme etnis. (c). tahapan revitalisasi meliputi, transformasi budaya, komunikasi, adaptasi, dan organisasi.

Kata kunci: revitalisasi, kearifan lokal, konflik sosial

 

POST SOCIAL CONFLICT REVITALIZATION OF UNITY IN DIVERSITY VALUES AND LEARNING SOCIETY BASED LOCAL WISDOM IN TERNATE

Abstract

The aim of this study was: Firts, identify and analyze in depth the values of local wisdom through public education (learning society) after the social conflict in Ternate, and Second, efforts to revitalize these values to be upgraded from local knowledge into global wisdom. The method used is qualitative with phenomenology postpositivisme approach Interpretif.Tempat research focused on four districts in the city of Ternate. The Results of this research are: (1) development of the value of unity in diversity and local wisdom are revitalized, through: (a) consensus; (b) reinternalization with informal channels, learning society, and formal channels, and (c) the value of local wisdom consists of philosophy, educational, social, religious rituals, and nationality. (2) Ternate icon of pluralism as a form of public awareness for social harmony, namely: (a) when the conflict and the end of the conflict decreased public confidence, (b) there is a subculture of Chinese ethnic enclaves within Ternate society, but in harmony because there is the role of mutualism, (c) a community effort facilitated by the government collects in the community and the various ethnic intermingling of the National Forum (FPK) as part of efforts to facilitate coordination, and for being a role model in internal Harmony Forum (FKUB). (3) The importance of post-conflict revitalization of social values can be seen from several factors, namely: (a) the level of trust between religious communities are low, (b) high primordial and ethnic fanaticism, and (c) the stage of revitalization includes cultural transformation, communication, adaptation, and organization.

Keywords: revitalization, local wisdom, learning society, social conflicts

Author Biographies

Umar Mustafa Sadjim, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara di Ternate

Umar M. Sadjim, lahir di Maluku Utara, 17 Desember 1968. Pendidikan Sarjana di IAIN (sekarang UIN Alauddin) di Makassar, Pendidikan Magister di selesaikan di STAIN (sekarang IAIN) Ternate, dan Pendidikan Doktor (S3) di Universitas Negeri Yogyakarta. Instansi/homebase di FIP-PGSD Universitas Muhammadiyah Maluku Utara di-Ternate.

Noeng Muhadjir, Universitas Negeri Yogyakarta

Noeng Muhadjir, lahir di Bukit Tinggi, 13 Nopember 1930. Instansi Universitas Negeri Yogyakarta di Yogyakarta.

FX Sudarsono, Universitas Negeri Yogyakarta

FX. Sudarsono, M.A, Ph.D. Menamatkan pendidikan doktornya di Australia dalam bidang penilaian pendidikan. Instansi pada Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2016-12-21

How to Cite

[1]
Sadjim, U.M. et al. 2016. REVITALISASI NILAI-NILAI BHINNEKA TUNGGAL IKA DAN KEARIFAN LOKAL BERBASIS LEARNING SOCIETY PASCAKONFLIK SOSIAL DI TERNATE. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 4, 1 (Dec. 2016), 79–91. DOI:https://doi.org/10.21831/jppfa.v4i1.7227.

Issue

Section

Articles