Penerapan proses pembelajaran di Finlandia pada pembelajaran di Indonesia

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i2.25675

Keywords:

Strategi pembelajarn Finlandia, kegiatan belajar mengajar, Finnish learning strategy, teaching and learning activities

Abstract

Finlandia sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik, telah menjadi rujukan bagi pelaksanaan pendidikan negara-negara di dunia. Indonesia sebagai negara yang terus berusaha dalam perbaikan kualitas pendidikan, perlu mempelajari apa saja strategi pendidikan di Finlandia  dan memilah-milah mana yang sesuai dengan situasi kondisi di Indonesia dan mana yang tidak.  Tujuan penulisan ini untuk mengungkap bagaimana detail pembelajaran di Finlandia dan kemungkinan penerapannya di Indonesia, dengan acuan utama buku karangan Timothy D. Walker yang berjudul Teach Like Finland, 33 Simple Strategies for Joyfull Classrooms. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1). strategi dari pembelajaran di sekolah Finlandia yang sudah banyak diterapkan di sekolah Indonesia, yaitu; masuk ke alam liar, merekrut tim kesejahteraan, mengejar mimpi kelas, menggunakan buku pegangan, menggunakan teknologi, dan memasukkan musik, 2). strategi dari pembelajaran di sekolah Finlandia yang dapat diterapkan di sekolah Indonesia yaitu; belajar sambil bergerak, recharge sepulang sekolah, mengenal setiap anak, bermain dengan murid, menghapus bullying dengan program tertentu, berkawan, mulai dengan kebebasan, membuat rencana pembelajaran bersama siswa, dan mengajarkan hal-hal mendasar dan, 3). strategi dari pembelajaran di sekolah Finlandia yang sulit diterapkan di sekolah Indonesia yaitu; jadwal istirahat otak.

Published

2020-11-09

How to Cite

[1]
Suciyati, A. 2020. Penerapan proses pembelajaran di Finlandia pada pembelajaran di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 7, 2 (Nov. 2020). DOI:https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i2.25675.

Issue

Section

Articles