Peran modal sosial dalam implementasi konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara di SD Taman Muda Yogyakarta

Authors

  • Sukma Wijayanto Prgram tudi Pendidikan Doktor Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i1.13566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) implementasi pendidikan Ki Hadjar Dewantara; dan (2) modal sosial di SD Taman Siswa Jetis. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Unit analisis penelitian adalah SD Tamansiswa Jetis. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan subjek penelitian adalah pamong, kepala sekolahdan ketua yayasan Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa cabang Jetis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini menggunakan model interaktif Milles & Huberman. Berdasarkan penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) Konsep pemikiran Ki Hadjar terlaksana di SD Taman Siswa Jetis yakni sistem among tidak dapat dipisahkan prinsip kemerdekaan dan kodrat alam. Pelaksanaan sistem among dilaksanakan dengan keteladanan, pembiasaan, pengajaran, serta hukumam, paksaan dan perintah. (2) Trust, Jaringan, dan norm dalam melaksanakan konsep Ki Hadjar Dewantara menggunakan nilai-nilai kekeluargaan. Kekeluargaan modal sosial yang menjadi kekuatan dalam melaksanakan konsep pendidikan Ki Hadjar di SD Taman Siswa Jetis.Kata kunci: Ki Hadjar Dewantara, Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Modal Sosial

Author Biography

Sukma Wijayanto, Prgram tudi Pendidikan Doktor Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Dasar (Dikdas)

Downloads

Published

2017-09-05

How to Cite

[1]
Wijayanto, S. 2017. Peran modal sosial dalam implementasi konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara di SD Taman Muda Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 5, 1 (Sep. 2017), 101–113. DOI:https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i1.13566.

Issue

Section

Articles