Pengaruh Penggunaan GeoGebra terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Gelombang Cahaya
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.89916Keywords:
Bahan ajar, Berpikir kritis, Gelombang cahaya, GeogebraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bahan ajar dengan GeoGebra terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya. Metode yang digunakan, yaitu quasi-experimental dengan desain pre-test-post-test control group. Populasi penelitian meliputi peserta didik salah satu SMA di Jakarta. Sampel penelitian terdiri dari 35 peserta didik di kelompok eksperimen dan 35 peserta didik di kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes esai keterampilan berpikir kritis yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon signed rank test dan uji n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelompok mengalami peningkatan, tetapi peningkatan kelompok eksperimen (n-Gain = 0,84; kategori tinggi) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (n-Gain = 0,48; kategori sedang). Dengan demikian, disimpulkan bahwa bahan ajar dengan GeoGebra efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya. Bahan ajar dengan GeoGebra dapat diimplikasikan sebagai alternatif bahan ajar inovatif dalam pembelajaran fisika yang selaras dengan tujuan ke empat pembangunan berkelanjutan.
References
Al, I., Rukhmana, T., Liliana, W. O. F., & Sasminta, P. R. (2023). Pengaruh media pembelajaran aplikasi Geogebra terhadap hasil belajar siswa. Journal on Education, Vol 05.
Alatas, F. (2015). Hubungan Pemahaman Konsep Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Edusains, 6(1), 87–96. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1103
Amelia, N., & Chusni, M. M. (2024). Analisis keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika pada materi energi terbarukan. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 248–252. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1114
Andayani. (2015). Komputer dan Media Pembelajaran. Media Publishing.
Anggraini, W., Saqila, M. S., Suryadi, A., & Suwarna, I. P. (2025). Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan melalui PjBL-STEM dengan design thinking. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(2), 321–335. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.87690
Aprilia, N., & Romadhon, D. R. (2025). REFECTO: Geogebra-based interactive media for light waves topic. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(Special_issue), 260–272. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.89850
Arfianti, A., Suhartini, E., Haerani, R. P. R., & Septika, H. D. (2025). E-modul berbasis socio-scientific issues “aquawise” dalam mendukung sdgs clean water and sanitation. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(Special_issue), 46–60. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88329
Asbanu, D. E. S. I. (2021). Pemanfaatan Geogebra untuk visualisasi Gelombang Lissajous. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, vol 3.
Asmita, A., Dela Yulianti, Dwi Agus Kurniawan, & Maison, M. (2022). Analisis permasalahan guru dalam menerapkan media pembelajaran pada mata pelajaran Fisika di MAN 1 Tanjung Jabung Barat. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 170–177. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.556
Ayna, Q., & Sari, D. I. (2024). Deskripsi berpikir visual siswa dalam memahami materi geometri menggunakan geogebra ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 12(1), 72–84. https://doi.org/10.21831/jpms.v12i1.73252
Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan pemecahan masalah fisika pada siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5, 44–50.
Depany, P. D. (2023). Penerapan media pembelajaran fisika Lumi Education untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 60–71.
Fatihah, A., & Yahfizham. (2024). Penerapan GeoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dunia Pendidikan, 4(3), 1604–1616. https://myjms.mohe.gov.my/index.php/jdpd/article/view/10334/4888
Fautin, S., M, A. S., & Dewantara, D. (2021). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis multimodel pada topik teori kinetik gas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 111. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i3.2057
Haryadi, R., & Nurmala, R. (2021). Pengembangan bahan ajar fisika kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 7(1), 32. https://doi.org/10.32699/spektra.v7i1.168
Izzah, N., Asrizal, A., & Mufit, F. (2021). Meta analisis pengaruh model project based learning dalam variasi bahan ajar fisika terhadap hasil belajar siswa SMA/SMK. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 159–165. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8970
Khafidh, A. N., & Sajiman, S. U. (2025). Membangun keterampilan berpikir kritis melalui trigonometri analitik dengan pendekatan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(1), 124–131. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.84497
Khusna, A. (2021). Penerapan metode pembelajaran Take and Give dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa XII Ipa1 Man 4 Madiun. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 68–75. https://doi.org/10.51878/science.v1i1.264
Latifah, N., Ashari, & Setyadi Kurniawan, E. (2020). Pengembangan e-Modul fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jips: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 01(1), 1–7. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips
Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.
Marta, Y. M. V., & Ramli. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan modul pembelajaran fisika SMA berbasis pendekatan STEM. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 5(2), 95–101. https://doi.org/10.30599/jipfri.v5i2.918
Maskar, S., & Dewi, P. S. (2020). Praktikalitas dan efektifitas bahan ajar kalkulus berbasis daring berbantuan GeoGebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 888–899. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.326
Mukarramah, A. N., & Nurfahimah. (2024). Penerapan metode konvensional dan inovatif pada pembelajaran pendidikan Agama Islam di Jenjang Sekolah Menengah Ata. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, vol 10.
Musengimana, T., Yadav, L. L., Uwanhoro, J., & Nizeyimana, G. (2025). Assessing physics students’ problem-solving skills: a baseline investigation. Discover Education, 4. https://doi.org/10.1007/s44217-025-00640-1
Nugroho, D. A. (2022). Pembuatan simulasi gelombang berjalan untuk pembelajaran fisika menggunakan software GeoGebra. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.9142
Nugroho, M. S., Murtiyasa, B., & Masduki. (2025). Efektivitas simulasi PhET pada pembelajaran IPA SMP materi konsep listrik. Teaching and Learning Journal of Mandalika, 6(1), 2828–7126.
Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. 05(01), 48–64.
Phillips, C. R., Chesnut, R. J., & Rospond, R. M. (2004). The california critical thinking instruments for benchmarking, program assessment, and directing curricular change. American Journal of Pharmaceutical Education, 68(4), 1–8. https://doi.org/10.5688/aj6804101
Planinić, M., Matejak Cvenić, K., Sušac, A., Ivanjek, L., Jeličić, K. (2024). What is difficult in learning physics and what we can do about it: the case of wave optics. Teaching and Learning Physics Effectively in Challenging Times. Challenges in Physics Education. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-031-72541-8_2
Pratama, F. I., Rohaeti, E., & Laksono, E. W. (2025). Building sustainable education with the literacy and research-oriented cooperative problem-based learning: A bridge in the activeness of chemistry education students. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(Special_issue), 61–68. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88392
Purwanti, M. D., & Saraswati, D. L. (2020). Tingkat kelayakan E-Lks Fisika sebagai media pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar fisika.
Putri, S. P. (2024). Pengembangan media interactive video berbasis H5P berbantuan aplikasi Canva untuk meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi fisika kelas X SMA Sukma. 11(01), 24–35. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index
Risald, Bobu, F. R., Ludji, D. G., & Donuata, P. B. (2024). Pemanfaatan software GeoGebra untuk simulasi tumbukan antar partikel dalam satu dimensi. 8(3), 374–378.
Sari, N. K. B. M. A., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). Bahan ajar digital interaktif berbasis problem based learning materi keragaman budaya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 127–136. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368
Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan nedia pembelajaran fisika berbasis Google Sites untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743
Siahaan, R. L. M., Juli Arianti, & Thalib, N. (2023). Perkembangan pendidikan berkualitas di Indonesia: analisis SDGs 4. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 975–985. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.316
Sirait, R. A. (2024). Rancangan modul elektronik Dilemma-Steam pada materi energi terbarukan. XII, 229–234. https://doi.org/10.21009/03.1201.pf33
Suganda, T., Parno, P., & Sunaryono, S. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa topik gelombang bunyi dan cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 141. https://doi.org/10.24127/jpf.v10i1.4118
Sugrah, N. U. (2020). Sugrah, N. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Jurnal Humanika, 19(2), 141–150. Humanika, 19(2), 121–138.
Suwarna, I. P. (2016). Pengembangan Instrumen Ujian Komprehensif Mahasiswa Melalui Computer Based Test pada Program Studi Pendidikan Fisika. Pusat Penelitian dan Pengembangan (PUSLITPEN) LP2M UIN Syarif Hidayatullah.
Utama, R. (2025). Review software simulasi untuk pembelajaran fisika interaktif. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 13. https://doi.org/10.22487/jpft.v13i2.4484
Walidain, S. N., Ardianti, S., Tusandini, A., Aprina, C., & Yusdiana, E. (2024). Analisis respon peserta didik terhadap metode dan media pembelajaran fisika dalam meningkatkan pemahaman konsep. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(2), 1169–1176. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1432
Wasiran, Y., Maja, I., & Husien, F. (2019). PKM Bagi guru SMP yang mengalami kesulitan menggunakan software GeoGebra dalam pembelajaran matematika. 2, 13–19.
Wijayanti, R., Roshayanti, F., Farikhah, I., Khoiri, N., & Siswanto, J. (2021). Analisis bahan ajar fisika berdasarkan perspektif education for sustainable development. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 340. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.2985
Yuliana, N. (2022). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatan hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 31–38. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v4i1.732
Yusra, R. A., Kusumah, F. H., & Suryadi, A. (2025). Pengaruh pjbl-stemterhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi energi terbarukan dalam mendukung pendidikan yang berkualitas. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(Special Issue),26–37. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.86537
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.