Meningkatkan Pemahaman Konsep Larutan Penyangga dengan Model Pembelajaran ICARE
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88509Keywords:
Larutan Penyangga, Model Pembelajaran ICARE, Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model pembelajaran Introduction, Connection, Application, and Reflection (ICARE) dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik padak pokok bahasan larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain randomized control pretest-posttest, yang dilakukan terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, yaitu memiliki rata-rata 62,94 pada kelompok eksperimen dan 42,55 pada kelompok kontrol. Selain itu peningkatan uji n-gain juga berada pada kategori tinggi yaitu 0,92 yang artinya penerapan model pebelajaran ICARE dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Peningkatan tertinggi untuk indikator pemamahan konsep terdapat pada indikator memberi contoh dan non contoh dari konsep dengan nilai n-gain 0,9, yang menunjukkan peserta didik mampu mengaitkan konsep secara konkret. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ICARE tidak hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep, tetapi juga berkontribusi dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna, reflektif, dan berorientasi pada pembangunan kapasitas peserta didik untuk berpikir kritis dan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan masa depan.
References
Adauyah, R., & Aznam, N. (2024). Guided inquiry learning model in chemistry education: A systematic review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 77–87.https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i3.6373
Anggraeni, B. H., & Rohaeti, E. (2021). Penerapan model pembelajaran PQ4R terintegrasi teknik mind mapping terhadap prestasi belajar dan aktivitas belajar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(2), 80–88. https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.202
Anwar, Y. A. S., Junaidi, E., & Dewi, Y. K. (2024). Exploring the implementation of stepwise inquiry-based learning in higher education. Chemistry Teacher International, 6(3), 189–199. https://doi.org/10.1515/cti-2023-0081
Arianti, N. N. S., Astawan, I. G., & Krisnaningsih, M. (2021). Penerapan model pembelajaran ICARE untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 240–250. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35571
Ayu, D., Adnyani, A. R. S., Rumondor, D. A. S., & Ketut, I. D. (2023). Efektivitas implementasi model pembelajaran ICARE terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi asam basa. Journal of Chemistry Education, 5(2), 120–126. https://doi.org/10.37033/ojce.v5i2.596
Beskara, H., & Wiyarsi, A. (2024). A systematic review: How the implementation of collaborative learning in chemistry. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 8(1), 39–50.
https://doi.org/10.23887/jpki.v8i1.67178
Carni, J., Maknun, & Suprapto, P. (2017). An implementation of ICARE approach (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) to improve the creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 755(1), 011001. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001
Halmi, A. A., Yahya, M., & Anandari, D. R. (2025). Penerapan model pembelajaran ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection & Extension) pada siswa kelas X. JIMU: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin, 3(1), 126–134.
Irawan, N. Z. P., Anwar, S., & Munawaroh, H. S. H. (2024). Aspek pedagogik dan konteks materi kimia dalam pendidikan kejuruan dan teknik: Systematic literature review. Jurnal Pendidikan MIPA dan Sains, 12(2), 106–116.
https://doi.org/10.21831/jpms.v12i2.76422
Khoirunnisa, I. R. S., & Firmansyah, A. (2024). Konsep pendidikan berkelanjutan dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah: Suatu tinjauan. Jurnalku, 4(2), 145–159. https://doi.org/10.54957/jurnalku.v4i2.675
Mahdian, M., Almubarak, A., & Hikmah, N. (2019). Implementasi model pembelajaran ICARE (Introduction-Connect-Apply-Reflect-Extend) terhadap keterampilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.184
Manopo, D. D. D., & Gugule, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi hidrokarbon kelas XI mia di sma negeri 1 Tombatu. Oxygenius, 4(2), 23–29. https://doi.org/10.37033/ojce.v4i2.504
Mazidah, N., Kartini, T., & Kantun, S. (2020). Penerapan model pembelajaran ICARE untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Jurnal Pendidikan Ekonomi 14(1), 246–257.
https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12426
Meriyenti. (2023). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran kimia kelas XII menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(4), 373–381. https://doi.org/10.51878/learning.v2i4.1790
Nengsih, E. A., Amir, H., & Handayani, D. (2023). Pengembangan e-modul kimia berbasis Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend (ICARE) pada materi reaksi redoks. Alotrop, 7(2), 119–132. https://doi.org/10.33369/alo.v7i2.31004
Nugroho, D. M., Utomo, S. B., & Hastuti, B. (2019). Identifikasi miskonsepsi pada materi asam basa menggunakan tes diagnostik two-tier dengan model mental pada siswa kelas XII MIPA SMA N 1 Sragen tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 244. https://doi.org/10.20961/jpkim.v8i2.28246
Nurfajriani, N., & Sari, L. N. (2024). Pengaruh model pembelajaran ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi asam basa. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 8(1), 63–68. https://doi.org/10.30743/cheds.v8i1.9057
Pratama, F. I., & Rohaeti, E. (2023). Students’ chemical literacy ability on hydrocarbon material: A case of toxic compounds in fried food. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 6795–6802. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.4554
Pratama, F. I., Rohaeti, E., & Laksono, E. W. (2024). Senior high school students’ scientific habits of mind profile on chemical equilibrium: Case of health and environmental Topics. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(1), 44–52. https://doi.org/10.21831/jpms.v12i1.74613
Purba, C. G., & Islami, N. (2024). Penerapan model pembelajaran ICARE berbantuan PhET Simulation untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Taruna Pekanbaru. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 6(2), 209–222. https://ojs.stkippgrilubuklinggau.ac.id/index.php/SJPIF
Rihandoko, Vera Septi Andrini, & Agustin Patmaningrum. (2024). Penerapan model pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) berbantu aplikasi desmos terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi fungsi kuadrat. Dharma Pendidikan, 20(1), 28–36. https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.507
Rusnia, I., & Suriani, A. (2025). Dampak penggunaan media pengajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Bahasa dan Ilmu Sosial, 3, 209–218. https://journal.aripi.or.id/index.php/Nakula
Sabrun, S. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep segi empat pada siswa. Panthera: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains dan Terapan, 3(3), 144–149. https://doi.org/10.36312/panthera.v3i3.197
Sary, K., & Dina, D. (2023). Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar kognitif siswa melalui penerapan media permainan monopoli pada materi ikatan kimia di SMA Negeri Surulangun. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11(2), 10–19. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.67348
Subagiyo, S. (2019). Penerapan model blended learning untuk meningkatkan pemahaman konsep termokimia siswa. Journal of Educational Chemistry (JEC), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.1.3830
Sudiadharma, I. M., Abdul Rahman, & Muhammadong, A. (2022). Pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar. Jurnal Multidisiplin Madani (JMM), 2(7), 1539–1548. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i7.80
Sundstrom, M., Gambrell, J., Green, C., Traxler, A., & Brewe, E. (2025). Relative benefits of different active learning methods to conceptual physics learning. Physical Review Physics Education Research. (in press). https://doi.org/10.48550/arXiv.2505.04577
Syahputra, E. (2024). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di indonesia. Journal of Information System and Education Development, 2(4), 10–13. https://doi.org/10.62386/jised.v2i4.104
Tri Handayani, E., Herdini, & Susilawati. (2021). Pengembangan LKPD berbasis ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) pada materi penentuan perubahan entalpi untuk SMA/MA. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6210
Trinidad, J. E. (2019). Understanding student-centred learning in higher education: Students’ and teachers’ perceptions, challenges, and cognitive gaps. Journal of Further and Higher Education, 44(8), 1013–1023. https://doi.org/10.1080/0309877X.2019.1636214
Vilela, M., Morais, C., & Paiva, J. C. (2025). Inquiry-based science education in high chemistry: Enhancing oral and written communication skills through authentic and problem-based learning activities. Education Sciences, 15(3), 334.https://doi.org/10.3390/educsci15030334
Yunita, L., & Mandasari, N. (2025). Pendidikan sains berorientasi keterampilan abad 21 dalam konteks pendidikan tinggi: Review. Panthera: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains dan Terapan, 5(1), 40–49. https://doi.org/10.36312/panthera.v5i1.334
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.