Pengaruh Inquiry-based Contextual Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Efikasi Diri pada Materi Laju Reaksi dalam Menyongsong Pendidikan yang Berkualitas

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88419

Keywords:

Efikasi diri, Kemampuan berpikir kritis, Laju reaksi, Pembelajaran inkuiri berbasis kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri peserta didik pada pembelajaran inkuiri berbasis kontekstual dan pembelajaran saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis desain kuasi eksperimen menggunakan post-test only design. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan melalui tes penguasaan materi laju reaksi sebanyak delapan soal uraian sedangkan data efikasi diri diperoleh melalui angket yang terdiri dari 35 pernyataan. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik menggunakan teknik MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelompok eksperimen lebih tinggi dengan rata-rata skor 75,42 daripada kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelompok kontrol dengan rata-rata skor 68,24. Hasil serupa terlihat pada efikasi diri peserta didik, dimana rata-rata skor kelompok eksperimen (142,75) lebih tinggi daripada kelompok kontrol (124,79). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dari kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri peserta didik pada pembelajaran inkuiri berbasis kontekstual dan pembelajaran saintifik.

Author Biographies

Nadia Nafakoti, Universitas Negeri Yogyakarta

Adalah seorang guru kimia di SMA Ma’arif NU 1 Sokaraja Banyumas. Nadia memperoleh gelar Sarjana di Universitas Gadjah Mada dalam program studi kimia dan  melanjutkan studi magister di Universitas Negeri Yogyakarta dalam program studi pendidikan kimia. Nadia dapat dihubungi melalui email: nadia.nafakoti@gmail.com.

Sri Atun, Universitas Negeri Yogyakarta

Merupakan Dosen di Universitas Negeri Yogyakarta yang ahli di bidang kimia organik. Beliau dapat dihubungi melalui email sriatun@uny.ac.id.

References

Agus, I. (2017). Efektivitas metode pembelajaran guided discovery learning menggunakan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar dan self-efficacy matematika peserta didik SMP. [Tesis tidak diterbitkan]. Universitas Negeri Yogyakarta

Anggraeni, R. D., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 96–101.

Annisa, Rohaeti E. (2017). Pengaruh model pembelajaran sains, teknologi, dan masyarakat terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, IV(2), 1-8. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v4i1.10111

Annisak, S. K., Indriyanti, N. Y., & Mulyani, B. (2019). Constructive controversy dan inkuiri terbimbing sesuai representasi tetrahedral pembelajaran kimia ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 10-22.

Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unififying theory of behavioral change. Psychological Review, 84(2), 14-37. http://dx.doi.org/10.1021/ed300137z

Bandura, A., Freeman, W. H., & Lightsey, R. (1999). Self-efficacy: The exercise of control. Journal of Cognitive Psychotherapy, 13(2), 158-166. https://doi.org/10.1891/0889-8391.13.2.158

Bandura, A., Freeman, W. H., dan Lightsey, R. (1999). Self-efficacy: The exercise of control. Springer.

Betoret, F. D. (2006). Stressors, self-efficacy, coping resources, and burnout among secondary school teachers in Spain. Educational Psychology, 26(4), 519–539. http://dx.doi.org/10.1080/01443410500342492

Cheung, D. (2008). Facilitating chemistry teachers to implement inquiry-based laboratory work. International Journal of Science and Mathematics Education, 6(3), 107–130. http://dx.doi.org/10.1007/s10763-007-9102-y

Ennis, R. H. (1987). A taxonomy of critical thinking dispositions and abilities. In J. B. Baron & R. J. Sternberg (Eds.), Teaching thinking skills: Theory and practice, 9–26. New York: W. H. Freeman & Co.

Habibah, F. N., Widodo, A. T. dan Jumaeri (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran kontekstual berpendekatan inkuiri terbimbing materi ksp. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 66-74. https://doi.org/ 10.15294/JISE.V6I1.17066.

Hanifah, N. dan Agustini R.(2012). Peningkatan self efficacy dan berpikir kritis melalui penerapan model pembelajaran inkuiri materi pokok asam basa kelas XI SMAN 9 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 27-33. https://doi.org/10.26740/ujced.v1n2.p%25p

Hasanah, U., Dewi, N.R., & Rosyida, I. (2019). Self-Efficacy peserta didik SMP pada pembelajaran model learning cycle 7E (elicit, engange, explore, explain, elaborate, evaluate, and ecxtend). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2. 551-555. Retrieved from journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Hemraj-Benny, T., & Beckford, I. (2014). Cooperative and inquiry-based learning utilizing art-related topics: Teaching chemistry to community college nonscience majors. Journal of Chemical Education, 91(10), 1618–1622. http://dx.doi.org/10.1021/ed400533r

Huang, X., & Mayer, R. E. (2019). Adding self-efficacy features to an online statistics lesson. Journal of Educational Computing Research, 57(4), 1003–1037.

Ilhami, R. (2020). Pengaruh model learning cycle 7E terhadap keterampilan berpikir kritis dan efikasi diri peserta didik [Tesis tidak diterbitkan]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Iriany, I. (2009). Model pembelajaran inkuiri laboratorium berbasis teknologi informasi pada konsep laju reaksi untuk meningkatkan keterampilan generik sains dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMU [Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. The Education University Repository. http://repository.upi.edu/10280/.

Kamal, N. A. (2021). The effect of inquiry based learning models on students’ critical thinking ability and self-efficacy in reaction rate material. Journal of Physics: Conference Series,1806(1), p. 012179. http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012179.

Madhuri, G. V., Kantamreddi, V. S. S., & Prakash Goteti, L. N. S. (2012). Promoting higher order thinking skills using inquiry-based learning. European Journal of Engineering Education, 37(2), 117–123. http://dx.doi.org/10.1080/03043797.2012.661701

Mulyanto, A. T. (2016). Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Subtema Manusia Dan Peristiwa Alam Di Kelas V Sekolah Dasar. FKIP UNPAS.

Mustika, R. W. (2019). Peningkatan hasil belajar IPA dan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan pendekatan kontekstual model inkuiri. Journal of Education Action Research, 3(2), 117-123. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17267.

Mutowiah, N., Supriana, E., & Sutopo, S. (2020). Pengaruh pembelajaran inkuiri terintegrasi STEM terhadap kemampuan kreativitas peserta didik. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(2), 125-128.

Niemiec, C. P., & Ryan, R. M. (2009). Autonomy, competence, and relatedness in the classroom: Applying self‐determination theory to educational practice. Theory and Research in Education, 7(2), 133–144. https://doi.org/10.1177/1477878509104318

Oktariani. (2018). Peranan self efficacy dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 45–59. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/KOGNISI/article/view/492.

Pajares, F. (1996). Self-efficacy beliefs in academic settings. Review of Educational Research, 66(4), 543–578. https://doi.org/10.3102/00346543066004543.

Pratama, F. I., & Rohaeti, E. . (2023). Students’ Chemical literacy ability on hydrocarbon material: A case of toxic compounds in fried food. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 6795–6802. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.4554

Pratama, F. I., Rohaeti, E., & Laksono, E. W. (2025). Building sustainable education with the literacy and research-oriented cooperative problem-based learning: A bridge in the activeness of chemistry education Students. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 61–68. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88392

Rahayu, S. P. (2015). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan self-efficacy peserta didik pada materi pokok laju reaksi kelas XI kimia di SMA Muhammadiyah 4 Sidayu-Gresik. Unesa Journal of Chemical Education, 4(1), 49-55.https://doi.org/10.26740/ujced.v4n1.p%25p.

Safraturrina, S., Nurdin, S., dan Martunis, Y. (2016). Hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar pada peserta didik (suatu studi penelitian pada MAN Darussalam). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 1(2), 66-72. https://jim.usk.ac.id/pbk/article/view/1759/1141

Sanjaya, W. (2013). Strategi pembelajaran berorientassi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Santrock, J. W. (2018). Education psychology: theory and application to fitness and perfomance (6th ed). New York: McGraw-Hill Education.

Sochibin, A., Dwijananti, P., & Marwoto, P. (2009). Penerapan model pembelajaran inkuiri terpimpin untuk peningkatan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis peserta didik SD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2).

Subiantoro, A. W., & Fatkurohman, B. (2009). Keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran biologi menggunakan media koran. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 14(2), 111-114.

Suciono, W. (2021). Berpikir kritis (tinjauan melalui kemandirian belajar, kemampuan akademik dan efikasi diri). Indramayu: Penerbit Adab

Tengker, S. M. T., dan Sulistyaningsih, D. M. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pada materi ikatan kimia di MAN MODEL 1 Manado. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 2(2), 63–66. https://doi.org/10.37033/ojce.v2i2.182

United Nations. (2015). Transforming our world: The 2030 agenda for sustainable development. United Nations. https://sdgs.un.org/2030agenda

UNESCO. (2017). Education for sustainable development goals: Learning objectives. UNESCO Publishing. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000247444

United Nations Development Programme. (2020). Human development report 2020: The next frontier—Human development and the Anthropocene. United Nations Development Programme. https://hdr.undp.org/content/human-development-report-2020

Wati, E., Nurhanurawati, N., & Wijaya, A.P. (2025). Pengaruh penggunaan media komik dengan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(1), 114–123. https://dx.doi.org/10.21831/jpms.v13i1.84519

Yusra, R.A., Kusumah, F.H., Suryadi, A., (2025). Pengaruh PjBL-STEM terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi energi terbarukan dalam mendukung pendidikan yang berkualitas. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(Special Issue), 26-37. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.86537

Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi diri dalam proses pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667.

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Nafakoti, N., & Sri Atun. (2025). Pengaruh Inquiry-based Contextual Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Efikasi Diri pada Materi Laju Reaksi dalam Menyongsong Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 102–114. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88419

Citation Check