Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Energi

Authors

  • Siti Jamilatul Wardah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Septi Fitri Meilana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.87827

Keywords:

Materi sumber energi, Media pembelajaran powtoon, Minat belajar siswa

Abstract

Minat belajar adalah motivasi internal yang mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menyelidiki dampak penerapan media Powtoon terhadap minat belajar siswa pada materi sumber energi di kelas tiga sekolah dasar. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kuantitatif melalui desain kuasi eksperimen posttest-only control group design. Subjek penelitian meliputi atas 60 siswa yang diklasifikasikan dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing beranggotakan 30 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui penyebaran kuesioner minat belajar yang selanjutnya dilakukan penganalisisan melalui independent sample t-test. Hasil penganalisisan membuktikan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang membuktikan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Melalui hal ini, diperoleh kesimpulan bahwa pengaplikasian media Powtoon terbukti memiliki efektivitas dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi sumber energi. Penerapan teknologi multimedia mampu dijadikan strategi dengan efektivitas tinggi guna meningkatkan keterlibatan belajar IPA di tingkat sekolah dasar.

Author Biographies

Siti Jamilatul Wardah, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

merupakan mahasiswa semester akhir program studi pendidikan guru sekolah dasar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Dapat dihubungi melalui email: sitijwardah11@gmail.com

Septi Fitri Meilana, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

merupakan dosen aktif di program studi pendidikan guru sekolah dasar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Dapat dihubungi melalui email: septi.fitri.meilana@gmail.ac.id

References

Abidin, Z. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (stad) terhadap hasil belajar matematika siswa. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 202–207. https://doi.org/10.36312/educatoria.v3i3.199

Asmara, Y. E., Wahyudi, & Sahari, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis powtoon pada pembelajaran ipa materi sifat dan perubahan wujud benda kelas iv sekolah dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 97–107. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i1.1988

Asrulla, Risnita, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332.

Banowati, E. N., Mudrikatunnisa, M., Alvita Rizki Maula, & Nur Fajrie. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa kelas ii di sdn 2 kedungsarimulyo. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(4), 116–127. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i4.448

Buchori, A., & Cintang, N. (2018). The influence of powtoon-assisted group to group exchange and powtoon-assisted talking chips learning models in primary schools. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 7(3), 221. https://doi.org/10.11591/ijere.v7i3.14378

Isnaini, S. N., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa di sekolah dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 42–51. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183

Khairani, M., Saskiawati, E., & Oman Farhurohman. (2024). Dampak konten vidio animasi pada peningkatan pemahaman siswa terhadap pembelajaran ips yang terintegrasi di pendidikan dasar. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(4), 268–279. https://doi.org/10.55606/cendekia.v4i4.3317

Kotimah, E. K. (2024). Efektivitas media pembelajaran audio visual berupa video animasi berbasis powtoon dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.69688/jpip.v2i1.55

Kusumahwardani, D., Pramadi, A., & Maspupah, M. (2022). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan video animasi audiovisual berbasis animaker pada materi sistem gerak manusia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 110–115. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1665

Liriwati, Y. F. (2023). Transformasi kurikulum; kecerdasan buatan untuk membangun pendidikan yang relevan di masa depan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 62–71. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.61

Lubis, N. S., Deliyanti, Y., & Hutajulu, M. A. A. (2023). Analisis uji persyaratan statistika parametrik terhadap analisis pertumbuhan dan kepadatan penduduk. Jurnal Bakti Sosial, 2(2), 134–143.

Luh, N., Andika, P., Agustini, K., Gde, I., & Sudatha, W. (2025). Studi literatur review: peran media game based learning terhadap pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 799–812. https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/1645

Mahdalena, M. (2022). Pengaruh minat belajar, dukungan orang tua dan lingkungan belajar terhadap perilaku belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa (studi faktor yang mempengaruhi prilaku belajar dan hasil belajar siswa kelas 4,5 dan 6 pada sdn binuang 4 da. Kindai, 18(2), 332–351. https://doi.org/10.35972/kindai.v18i2.803

Mardian, C. P., Rahmi, R., & Hamdunah, H. (2023). Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi powtoon pada materi limit fungsi aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 11(1), 18–26. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.48027

Maulana, A. (2022). Analisis validtas, reliabilitas, dan kelayakan instrumen penilaian rasa percaya diri siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 133–139. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i3.331

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Prianti, N. P. D., & Rezania, V. (2022). Pengaruh media pembelajaran ips berbasis powtoon terhadap minat belajar siswa kelas iv sdn jenggot krembung sidoarjo. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.1.1-12

Putri, D. H., & Pranata, O. D. (2023). Eksplorasi kejenuhan siswa dalam pembelajaran sains setelah pandemi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(2), 62–70. https://doi.org/10.37729/jips.v4i2.3367

Samosa, R., Ilagan, C., Clorris Ballaran, B., Margallo, S., & May Sunga, R. (2021). Powtoon as an innovation in improving grade 4 learners’ story analysis and reading comprehension. International Journal of Academic Multidisciplinary Research, 5(12), 44–52. www.ijeais.org/ijamr

Sarah, C., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Identifikasi faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas v gugus iii cakranegara. Progres Pendidikan, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.60

Sari, Y., Ansya, Y. A., Afaianita, A., & Putri, P. A. (2023). Studi literatur : upaya dan strategi meningkatkan motivasi belajar siswa kelas v sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa dan sastra indonesia. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Universitas Negeri Medan Program Studi Pendidikan Guru Sek. 8(1).

Septiani, A., & Santi, A. U. P. (2022). Pengaruh aplikasi quizwhizzer terhadap minat belajar siswa kelas iv pada materi sumber energi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 128. https://app.quizwhizzer.com/play

Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran usability website e-commerce sambal nyoss menggunakan metode skala likert. Compiler, 7(1), 54–61. https://doi.org/10.28989/compiler.v7i1.254

Sinaga, E. M., & Sriadhi. (2024). Pengaruh media video animasi powtoon untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat siswa kelas v sd negeri 060875 medan pada mata pelajaran ipa. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v9i1.4673

Siregar, H. D., Wassalwa, M., Khairina Janani, & Harahap, I. S. (2022). Analisis uji hipotesis penelitian perbandingan menggunakan statistik parametrika. Al Itihadu Jurnal Pendidikan, 1(1), 3. https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/alittihadu/article/view/44%0Ahttps://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/alittihadu/article/download/44/74

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan populasi dan sampel : pendekatan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9, 2721–2731.

Supri, M. U., Nurindah, & Nawir, M. (2023). Pengaruh penggunaan media powtoon terhadap minat belajar siswa sman 12 bulukumba. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 45–55. https://doi.org/10.62388/jpdp.v3i1.274

Tiwow, D., Wongkar, V., Manngelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh media pembelajaran animasi powtoon peserta didik. Factor M, 4(2), 107–122. https://doi.org/10.30762/factor

Toh, C., & Yan-Li, S. (2024). Teachers’ transformational leadership and teaching behaviour in enhancing secondary private school students’ interest in science: a mediation analysis. Malaysian Online Journal of Educational Sciences (MOJES), 12(1), 14–28. https://doi.org/10.22452/mojes.vol12no1.2

Unisty, M. R., Anwar Hadi FS, C., & Jaenudin, J. (2021). Penerapan model pbl menggunakan nht untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(1), 19–26. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.26783

Downloads

Published

2025-08-01

How to Cite

Wardah, S. J., & Meilana, S. F. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Energi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(2), 380–388. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.87827

Citation Check