Pengaruh Penggunaan Media Geoboard terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.87825Keywords:
Hasil belajar matematika, Materi bangun datar, Media pembelajaran geoboardAbstract
Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran geoboard terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar di tingkatan kedua sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan kuasi ekperimen (Quasi Experimental). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa, terdiri atas 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol, dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian menggunakan tes subjektif 20 butir soal pilihan ganda. Pengujian yang digunakan berupa uji persyaratan analisis uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas yaitu uji leven’s. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test, dan uji effect size. Hasil penelitian ini adalah nilai uji effect size sebesar 1,420 (d > 0,8), maka menunjukan efek yang tergolong besar, sehingga penggunaan media geoboard memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar. Penggunaan media geoboard dalam proses pembelajaran membuktikan adanya peningkatan terhadap hasil belajar matematika.
References
Abdussakir, A., Firmansyah, A., Rosikhoh, D., & Achadiyah, N. L. (2022). Geoboard teaching aid on similarity and symmetry topics for elementary school students. edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 14–23. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v5i1.1088
Aini, T. N., Sari, T. N., & R, N. H. (2024). Media pembelajaran geoboard meningkatkan pemahaman keliling bangun datar siswa kelas V SDN Tlogomas 2. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 1(September), 35–42.
Amaliyah, A., Uyun, N., Deka Fitri, R., & Rahmawati, S. (2022). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 659–654. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.377
Anania Swasti Putri, E., Hanif Katsirun Nawwal, F., Nursyamsiyah, I., Dewi Listyaningrum, B., & Winar Utama, N. (2023). 11 Pengaruh model PBL (Ezadya dkk.) | 378 Madani. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(11), 378–383. https://doi.org/10.5281/zenodo.10258624
Anwar, A., & Nurmina, N. (2019). Efektifitas Penggunaan alat peraga geoboard terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD pada pokok bahasan bangun datar. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(November), 79–89. https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.177
Ayna, Q., & Sari, D. I. (2024). Deskripsi berpikir visual siswa dalam memahami materi geometri menggunakan geogebra ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(1), 72–84. https://doi.org/10.21831/jpms.v12i1.73252
Azizah, F. N., Trisnani, N., & Wardhani, R. S. (2024). Peningkatan pemahaman konsep pembelajaran matematika materi bangun datar melalui media geoboard. DIKDASTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-An, 10(2), 149–158. https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/download/132/101
Daimah, U. S., & Suparni. (2023). SEPREN: Journal of mathematics education and applied pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka dalam mempersiapkan peserta didik di era society 5.0. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(2), 131–139. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/888/453
Fuada, S., Derawati, T., & Rohaeti, L. (2022). Strengthening online learning of geometry material at SDN Bojong 01 using Geoboard and GeoGebra media. Community Empowerment, 7(2), 196–209. https://doi.org/10.31603/ce.5962
Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Lastrijanah, L., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh media pembelajaran geoboard terhadap hasil belajar siswa. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.895
Mufidah, A., Ramadianti, A. A., & Hariati, E. (2024). Pengaruh pembelajaran geoboard terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SDN. Pentagon : Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Volume. DOI: https://doi.org/10.62383/pentagon.v2i3.231
Nugroho, M. F., & Sutriyani, W. (2024). Efektifitas media geoboard terhadap hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar kelas 3. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 255–264. https://doi.org/10.24127/emteka.v5i1.5219
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Efektivitas media pembelajaran tiga dimensi dalam materi bangun ruang. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Pujawati, S., Saleh, Y. T., Habibie, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Tasikmalaya, U. M., Tasikmalaya, K., Barat, P. J., & Pujawati, S. (2025). pengaruh media pembelajaran geoboard terhadap hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas V SDN leuwikidang. HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation 2(1), 602–615.
Purnasari, P. D., Sumarni, M. L., & Saputro, T. V. D. (2023). Application of concrete learning media to improve mathe-matics learning outcomes of elementary school students. Journal of Education Policy Analysis, 1(1), 24–30.
Qudsi, S. R., Effendi, A., & Zakiah, N. E. (2023). Analisis Kualitas Soal Instrument Tes Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Galuh Mathematics National Conference 2(1), 349–365.
R. Rami Sartika. (2023). Studi evaluasi pemahaman siswa sekolah dasar kelas VI terhadap mata pelajaran matematika. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 1(6), 211–217. https://doi.org/10.61132/nakula.v1i4.272
Safrida Napitupulu, A. N. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran geoboard terhadap hasil belajar siswa pada keliling dan luas bangun datar kelas III SD. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2, 103–113. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i4.318
Seprudin, S. (2024). Teacher professional development: a systematic literature review on strategies for effective continuous learning. International Journal of Multidisciplinary Approach Sciences and Technologies, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.62207/0pb7vm02
Setiawati, S., Raafi Iman, H., Santi, D., Rahadiana, R., & Dwi Puspita, R. (2024). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran geoboard pada mata pelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(4), 669–674. https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.23001
Shabrina, A., Putri, R., Khairi, A., Pgri, S., Trunojoyo, A. J., Barat, G., Batuan, K., & Sumenep, K. (2025). Pentingnya pemilihan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Zaheen : Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya Volume 1(April), 120–131.
Silmi Juman, Z. A. M., Mathavan, M., Ambegedara, A. S., & Udagedara, I. G. K. (2022). Difficulties in learning geometry component in mathematics and active-based learning methods to overcome the difficulties. Shanlax International Journal of Education, 10(2), 41–58. https://doi.org/10.34293/education.v10i2.4299
Siregar, T. M., Agustina, N., Siahaan, F. B., Sinaga, L. L., Prabawa, I., & Sagala, R. Z. (2024). Analisis validitas dan reliabilitas butir soal pilihan ganda dalam mata pelajaran matematika. Journal of Education and Learning Evaluation, 1(2), 725–730.
Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D,30-48.
Unaenah, E., Hidayatul Maula, N., Fitriani, M. A., Agustin, J. T., Hanifah, H., & Asshiddiq, A. (2020). Analisis pemahaman siswa pada materi bangun datar dengan bantuan buku bergambar berbasis teori piaget di kelas 5 sekolah dasar negeri jurumudi 2 tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2008), 289–302. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Widayati, E. W. (2022). P Pembelajaran matematika di era “merdeka belajar”, suatu tantangan bagi guru matematika. Sepren, Journal of Mathematics Education and Applied 4(01), 01–10. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.770
Wulandari, P. M., Crismono, P. C., & Ilyas, M. (2024). Pengaruh aplikasi media papan pintar terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(2), 172–178. https://doi.org/10.21831/jpms.v12i2.72230
Wulandari, S. (2025). Penerapan model discovery learning berbantuan geoboard untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN. JMER : Journal of Mathematics Education Research 4(1), 1–8
Yanti, W. T., & Fauzan, A. (2021). Desain pembelajaran berbasis mathematical cognition topik mengenal bilangan untuk siswa lamban belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6367–6377. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1728
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.