Pengaruh Penggunaan Media Geoboard terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar

Authors

  • Syifa Yoyana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Supriansyah Supriansyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.87825

Keywords:

Hasil belajar matematika, Materi bangun datar, Media pembelajaran geoboard

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran geoboard terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar di tingkatan kedua sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan kuasi ekperimen (Quasi Experimental). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa, terdiri atas 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol, dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian menggunakan tes subjektif 20 butir soal pilihan ganda. Pengujian yang digunakan berupa uji persyaratan analisis uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas yaitu uji leven’s. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test, dan uji effect size. Hasil penelitian ini adalah nilai uji effect size sebesar 1,420 (d > 0,8), maka menunjukan efek yang tergolong besar, sehingga penggunaan media geoboard memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar. Penggunaan media geoboard dalam proses pembelajaran membuktikan adanya peningkatan terhadap hasil belajar matematika.

Author Biographies

Syifa Yoyana, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

merupakan mahasiswa akhir program studi pendidikan guru sekolah dasar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yang lahir di Jakarta. Ia dapat dihubungi melalui email syifaynaa@gmail.com

Supriansyah Supriansyah, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

merupakan dosen aktif di Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka, beliau memiliki jabatan sebagai Kepala Biro Sumber Daya Insani, dapat menghubungi beliau melalui email supriansyah@uhamka.ac.id

References

Abdussakir, A., Firmansyah, A., Rosikhoh, D., & Achadiyah, N. L. (2022). Geoboard teaching aid on similarity and symmetry topics for elementary school students. edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 14–23. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v5i1.1088

Aini, T. N., Sari, T. N., & R, N. H. (2024). Media pembelajaran geoboard meningkatkan pemahaman keliling bangun datar siswa kelas V SDN Tlogomas 2. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 1(September), 35–42.

Amaliyah, A., Uyun, N., Deka Fitri, R., & Rahmawati, S. (2022). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 659–654. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.377

Anania Swasti Putri, E., Hanif Katsirun Nawwal, F., Nursyamsiyah, I., Dewi Listyaningrum, B., & Winar Utama, N. (2023). 11 Pengaruh model PBL (Ezadya dkk.) | 378 Madani. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(11), 378–383. https://doi.org/10.5281/zenodo.10258624

Anwar, A., & Nurmina, N. (2019). Efektifitas Penggunaan alat peraga geoboard terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD pada pokok bahasan bangun datar. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(November), 79–89. https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.177

Ayna, Q., & Sari, D. I. (2024). Deskripsi berpikir visual siswa dalam memahami materi geometri menggunakan geogebra ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(1), 72–84. https://doi.org/10.21831/jpms.v12i1.73252

Azizah, F. N., Trisnani, N., & Wardhani, R. S. (2024). Peningkatan pemahaman konsep pembelajaran matematika materi bangun datar melalui media geoboard. DIKDASTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-An, 10(2), 149–158. https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/download/132/101

Daimah, U. S., & Suparni. (2023). SEPREN: Journal of mathematics education and applied pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka dalam mempersiapkan peserta didik di era society 5.0. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(2), 131–139. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/888/453

Fuada, S., Derawati, T., & Rohaeti, L. (2022). Strengthening online learning of geometry material at SDN Bojong 01 using Geoboard and GeoGebra media. Community Empowerment, 7(2), 196–209. https://doi.org/10.31603/ce.5962

Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Lastrijanah, L., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh media pembelajaran geoboard terhadap hasil belajar siswa. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.895

Mufidah, A., Ramadianti, A. A., & Hariati, E. (2024). Pengaruh pembelajaran geoboard terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SDN. Pentagon : Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Volume. DOI: https://doi.org/10.62383/pentagon.v2i3.231

Nugroho, M. F., & Sutriyani, W. (2024). Efektifitas media geoboard terhadap hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar kelas 3. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 255–264. https://doi.org/10.24127/emteka.v5i1.5219

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Efektivitas media pembelajaran tiga dimensi dalam materi bangun ruang. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Pujawati, S., Saleh, Y. T., Habibie, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Tasikmalaya, U. M., Tasikmalaya, K., Barat, P. J., & Pujawati, S. (2025). pengaruh media pembelajaran geoboard terhadap hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas V SDN leuwikidang. HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation 2(1), 602–615.

Purnasari, P. D., Sumarni, M. L., & Saputro, T. V. D. (2023). Application of concrete learning media to improve mathe-matics learning outcomes of elementary school students. Journal of Education Policy Analysis, 1(1), 24–30.

Qudsi, S. R., Effendi, A., & Zakiah, N. E. (2023). Analisis Kualitas Soal Instrument Tes Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Galuh Mathematics National Conference 2(1), 349–365.

R. Rami Sartika. (2023). Studi evaluasi pemahaman siswa sekolah dasar kelas VI terhadap mata pelajaran matematika. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 1(6), 211–217. https://doi.org/10.61132/nakula.v1i4.272

Safrida Napitupulu, A. N. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran geoboard terhadap hasil belajar siswa pada keliling dan luas bangun datar kelas III SD. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2, 103–113. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i4.318

Seprudin, S. (2024). Teacher professional development: a systematic literature review on strategies for effective continuous learning. International Journal of Multidisciplinary Approach Sciences and Technologies, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.62207/0pb7vm02

Setiawati, S., Raafi Iman, H., Santi, D., Rahadiana, R., & Dwi Puspita, R. (2024). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran geoboard pada mata pelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(4), 669–674. https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.23001

Shabrina, A., Putri, R., Khairi, A., Pgri, S., Trunojoyo, A. J., Barat, G., Batuan, K., & Sumenep, K. (2025). Pentingnya pemilihan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Zaheen : Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya Volume 1(April), 120–131.

Silmi Juman, Z. A. M., Mathavan, M., Ambegedara, A. S., & Udagedara, I. G. K. (2022). Difficulties in learning geometry component in mathematics and active-based learning methods to overcome the difficulties. Shanlax International Journal of Education, 10(2), 41–58. https://doi.org/10.34293/education.v10i2.4299

Siregar, T. M., Agustina, N., Siahaan, F. B., Sinaga, L. L., Prabawa, I., & Sagala, R. Z. (2024). Analisis validitas dan reliabilitas butir soal pilihan ganda dalam mata pelajaran matematika. Journal of Education and Learning Evaluation, 1(2), 725–730.

Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D,30-48.

Unaenah, E., Hidayatul Maula, N., Fitriani, M. A., Agustin, J. T., Hanifah, H., & Asshiddiq, A. (2020). Analisis pemahaman siswa pada materi bangun datar dengan bantuan buku bergambar berbasis teori piaget di kelas 5 sekolah dasar negeri jurumudi 2 tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2008), 289–302. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Widayati, E. W. (2022). P Pembelajaran matematika di era “merdeka belajar”, suatu tantangan bagi guru matematika. Sepren, Journal of Mathematics Education and Applied 4(01), 01–10. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.770

Wulandari, P. M., Crismono, P. C., & Ilyas, M. (2024). Pengaruh aplikasi media papan pintar terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(2), 172–178. https://doi.org/10.21831/jpms.v12i2.72230

Wulandari, S. (2025). Penerapan model discovery learning berbantuan geoboard untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN. JMER : Journal of Mathematics Education Research 4(1), 1–8

Yanti, W. T., & Fauzan, A. (2021). Desain pembelajaran berbasis mathematical cognition topik mengenal bilangan untuk siswa lamban belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6367–6377. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1728

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Yoyana, S., & Supriansyah, S. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Geoboard terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(2), 360–368. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.87825

Citation Check