Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gender: Studi Kasus Siswa Perempuan Skor Tinggi

Authors

  • Dhea Puspita Sari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
  • Supiat Supiat Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.84706

Keywords:

Kesalahan Siswa, Eksponen, Gender

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa perempuan dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya pada materi eksponen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian ini berjumlah 39 siswa kelas X. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih 6 siswa yaitu 3 laki-laki dan 3 perempuan dengan skor tinggi. Data dikumpulkan dengan memberikan instrumen tes, wawancara, dan observasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun siswa perempuan dengan skor akademik tinggi dapat menyelesaikan soal matematika, ia tetap melakukan berbagai jenis kesalahan, terutama pada materi eksponen. Kesalahan tersebut meliputi kesalahan membaca, konsep, prosedur, dan teknik. Perlunya adanya pendekatan pembelajaran matematika untuk memperkuat pemahaman konsep, penerapan prosedur, serta ketelitian teknis dalam menyelesaikan soal.

References

Anggraini, I., & Lestari, W. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aljabar kelas viii. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 87–94.

Arfany, F. P., Lestari, L. T., Fitrianingsih, N., & Mustangin. (2021). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal relasi ditinjau dari kemampuan matematika siswa kelas viii smp kartika iv-9 malang . MAJU, 8(1), 273–281.

Aulia, J. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi himpunan kelas vii smp / mts. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 484–500.

Awala, F. K., Ekawati, M., Faradilla, Y., Triyani, W. I., Arifa, F. N., & Rahmawati, F. (2021). Analisis kesalahan siswa menyelesaikan masalah logaritma berdasarkan taksonomi solo dan kemandirian belajar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 219. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4480

Ayu, R. F., Filzah, N., & Kunci, K. (2023). Jurnal Hawa : Studi pengarus utamaan gender dan anak pengaruh ketidakadilan gender dan implikasinya dalam keluarga. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 5(1), 78–89. https://doi.org/10.29300/hawapsga.v5i1

Azmiah, A., Matematika, M., Persamaan, S., Dua, L., & Kastolan, T. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasar tahapan kastolan ditinjau dari perbedaan gender. 441–450.

Fadilla, A. R., Wulandari, P. A., Bahasa, F., & Yogyakarta, U. N. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. MITITA JURNAL PENELITIAN, 1(3), 34–46.

Febriani, Tawil, M., & Sari, S. S. (2021). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan ditinjau dari gender. Al-Musannif: Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan, 3(2), 67–82.

Firdaus, E. F., Amalia, S. R., & Zumeira, A. F. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan kastolan dalam menyelesaikan soal matematika. Dialektika Pendidikan Matematika, 8(1), 542–558.

Firmanti, P. (2017). Penalaran siswa laki-laki dan perempuan dalam proses pembelajaran matematika. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 1(2), 73.

Irfan, M. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan kecemasan belajar matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 143–149. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8779

Istiqomah, F. N., & Sulistyowati, F. (2023). Kesalahan siswa smk dalam menyelesaikan permasalahan bilangan pangkat. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), 629–636.

Meldawati, M., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bilangan berpangkat bulat positif. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 1. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.7681

Ningsih, S. K., Amaliyah, A., & Rini, C. P. (2022). Analisis kesulitan belajar matemaika pada siswa kelas ii sekolah dasar. Berajah Journal: Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48

Nurfauziah, P., & Fitriani, N. (2019). Gender dan resiliensi matematis siswa smp dalam pembelajaran scientific berbantuan vba excel. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(1), 28–37.

Palayukan, H., & Pelix, L. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku berdasarkan kriteria watson di kelas x sma katolik rantepao. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 47–60.

Pujiastuti, W. C. (2020). Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117.

Ra Bota, M., Keremata Lede, Y., R.M.Making, S., N.S.Patty, E., & Astuti Iriyani, S. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar. Varied Knowledge Journal, 1(4), 26–36.

Rahma, A. F., & Khabibah, S. (2022). Analisis kesalahan siswa sma dalam menyelesaikan soal eksponen. MATHEdunesa, 11(2), 446–457. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p446-457

Rezki, R., Suharna, H., & Sari, D. P. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi eksponensial. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 3(1), 23–33.

Roisah, K., Sari, D. I., & Affaf, M. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar menggunakan metode newman ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 08(January), 1021–1039.

Saman, S., & Daming, A. S. (2023). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah perpangkatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1116–1123. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1667

Sari, M. R., Sa, C., Malang, U. N., & No, J. S. (2022). Analisis kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan tes literasi statistik berdasarkan tahapan kastolan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 156–169.

Wijaya, L. M. S., Subarinah, S., Amrullah, A., & Hayati, L. (2023). Analisis kesalahan menurut newman dalam menyelesaikan soal cerita materi statistika ditinjau dari jenis kelamin. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 1–8.

Wiryana, R., & Alim, J. A. (2023). Permasalahan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 271–277. https://doi.org/https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.187

Downloads

Published

2025-05-10

How to Cite

Sari, D. P., & Supiat, S. (2025). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gender: Studi Kasus Siswa Perempuan Skor Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(1), 149–156. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.84706