Teknik-Teknik Assesmen yang Dikembangkan Dalam Pendidikan Guru Biologi di FPMIPA UPI

Authors

  • Ana Ratna Wulan FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.699

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi teknik-teknik asesmen yang dikembangkan dalam pendidikan guru biologi di FPMIPA UPI. Studi deskriptif ini dilakukan di Jurdik Biologi FPMIPA UPI, Bandung, melalui wawancara mahasiswa, angket, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik asesmen yang paling banyak dikembangkan adalah tes essay, penilaian tugas, serta kombinasi tes selected response dan essay. Asesmen kinerja dikembangkan pada (50%) matakuliah kependidikan. Penilaian tugas umumnya belum memiliki rubrik penilaian. 8% matakuliah telah mengembangkan tes performance dalam menilai kemampuan praktikum mahasiswa.

Kata kunci: teknik asesmen, pendidikan guru biologi

Downloads

Published

2012-05-03

How to Cite

Wulan, A. R. (2012). Teknik-Teknik Assesmen yang Dikembangkan Dalam Pendidikan Guru Biologi di FPMIPA UPI. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 14(2), 97–102. https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.699