Bahan Ajar Elektronik Fisika Berbasis Inquiry Learning Terintegrasi STEM: Pengaruhnya terhadap Penguasaan Materi dan Motivasi Belajar Siswa SMA pada Topik Gelombang Bunyi
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.61774Keywords:
bahan ajar, inquiry learning, STEM, penguasaan materi, motivasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar elektronik fisika berbasis inquiry learning terintegrasi STEM pada materi gelombang bunyi yang layak digunakan, (2) mengetahui besar peningkatan penguasaan materi dan motivasi belajar peserta didik SMA setelah menggunakan bahan ajar elektronik fisika berbasis inquiry learning terintegrasi STEM pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan desain Four-D Model dengan tahapan define, design, develop dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar elektronik fisika berbasis inquiry learning terintegrasi STEM sangat layak menurut penilaian validator dan hasil respon peserta didik rata-rata skor sebesar 5,07 dan 4,91, (2) penguasaan materi dan motivasi belajar peserta didik meningkat pada tiap aspek yang diuji setelah menggunakan bajar fisika model inquiry learning terintegrasi STEM dengan rata-rata n-gain sebesar 0.56 dan 0.36.
References
Andriani, Vivi. (2014). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Koordinasi sebagai Upaya Peningkatan Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep, dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Laboratorium UM [Tesis]. Malang: Universitas Negeri Malang.
Fitri, Hammiyati., et al. (2019). PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SMA/MA KELAS XI. 4.
Halimah, S.N., et al. (2015). PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA. 997–1010.
Mulyasari, P.J., et al. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM untuk Meningkatan Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2220–2236. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1158
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri "X." Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49
Rahmawati, Sri., Kusairi, Sentot., Sutopo. (2019). ANALISIS PENGUASAAN KONSEP SISWA YANG BELAJAR MATERI MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DISERTAI FORMATIVE ASSESSMENT BERBANTUAN WEB. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(2009), 27–34.
Sari, I. K. (2019). Pengaruh Modul Digital Interaktif Momentum dan Impuls pada Remedial Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa Visual Style. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47996
Savira, Y. M., Budi, A. S., & Supriyati, Y. (2019). Pengembangan E-Modul Materi Momentum Dan Impuls Berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sma Kelas X. VIII, SNF2019-PE-25–36. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.04
Sukma, Laili Komariyah, M. S. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING ( GUIDED INQUIRY ) DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Saintifika; Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Jember, 18(1), 49–63. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.