PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI MELALUI VIDEO TIK TOK
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.50971Keywords:
media pembelajaran, materi Bioteknologi, aplikasi Tik TokAbstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan mengetahui prosedur dan menganalisis kualitas pengembangan media pembelajaran mata pelajaran Biologi materi Bioteknoligi video Tik Tok. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development yang didasarkan pada data lapangan yang telah dikumpulkan. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap respon dan tingkat kepahamanan siswa terhadap materi Bioteknologi sebelum dan setelah menonton kumpulan video pembelajaran materi tersebut melalui aplikasi Tik Tok. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan angket yang mengukur terhadap respon tingkat kepahamanan siswa terhadap materi Bioteknologi sebelum dan sesudah menonton video Tik Tok.
References
Adhi, S. (2021). 2021 TikTok Menggenggam Dunia | Narasi Newsroom. https://youtu.be/LvDX2vHUtnA
Adminlp2m. (2022). MENGENAL METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL 4D. Lp2M, Universitas Medan Area. https://lp2m.uma.ac.id/2022/03/04/mengenal-metode-pengembangan-perangkat-pembelajaran-model-4d/
Azhar Arsyad. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 36(1), 9–34.
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(2), 8–12. https://doi.org/10.33627/re.v3i2.417
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development. Repository.Lppm.Unila.Ac.Id, 10.
Priyono, E., & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2012). Pengembangan media pembelajaran edu-game adventure pada standar kompetensi menginstalasi pc di SMKN 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 1–11.
Purwianingsih, Widi Rustaman, Nuryani Y Redjeki, S. (2009). Identifikasi Kesulitan Pembelajaran Bioteknologi pada Guru SLTA se Jawa Barat. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/196209211991012-WIDI_PURWIANINGSIH/MAKALAH_dan_ARTIKEL/makalah_&_abstrak_semnas_widix.pdf
Sari, N., S., Farida, N., dan Rahmawati, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning untuk Melatih Literasi Matematika. EMTEKA : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11–23.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (25th ed.). Alfabeta,cv.
Watson, J., & Crick, F. (n.d.). Research and development ; penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.