Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Materi Limit Fungsi Aljabar

Authors

  • Cindi Putri Mardian Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rahmi Rahmi Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Hamdunah Hamdunah Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.48027

Keywords:

Limit Fungsi Aljabar, Media Pembelajaran, Aplikasi Powtoon

Abstract

Kesulitan belajar matematika dikarenakan pada masa pandemi covid ini peserta didik tidak mendapatkan pembelajaran sepenuhnya merupakan latar belakang dari pengemabangan ini. Tujuan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi powtoon pada materi limit fungsi aljabar yang valid, praktis dan efektif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA I SMAN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model plomp yang terdiri dari 3 fase yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assesment phase. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, angket validasi, angket praktikalitas dan angket kemandirian belajar. Berdasarkan hasil penilaian validator yaitu ahli media dan ahli materi diperoleh persentase penilaian kevalidan media pembelajaran 89,4% dengan kategori sangat valid. Nilai akhir uji coba kepraktisan dengan guru dan peserta didik diperoleh persentase 87,33% dengan kategori sangat praktis, hasil uji efektifitas ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik diperoleh nilai persentase 75,83% dengan kategori mandiri. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi powtoon pada materi limit fungsi aljabar sudah layak digunakan.

Downloads

Published

2023-06-08

How to Cite

Mardian, C. P., Rahmi, R., & Hamdunah, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Materi Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 11(1), 18–26. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.48027

Issue

Section

Articles