PERANAN SCIENTIFIC LEARNING BERBANTUAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.46154Keywords:
saintifik, video pembelajaran, pemecahan masalah.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik berbantuan video terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X MAN 1 Kota Gorontalo semester genap tahun 2021, pada materi trigonometri. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-test post-test control group design. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan uji two way anova, dan pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh dua kelas sampel penelitian, yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 8 sebagai kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji two way ANOVA dengan bantuan SPSS v.25 diperoleh nilai signifikansi hitung = 0,000 < taraf signifikansi = 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. artinya terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik learning berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika pada siswa kelas X MAN 1 Kota Gorontalo.
References
Daftar Pustaka dari Buku
Abdullah, S.R. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara (E-book)
Pahrudi, A., & Pratiwi, D.D. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Proses Pembelajaran. Lampung : Pustaka Ali Imran (E-Book)
Daftar Pustaka dari Jurnal
Adam, S., & Syastra, M.Y. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi bagi siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal. 3(2). 78-90
Ariani, S., Hartono, Y., Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri Indralaya Utara. Jurnal Elemen. 3(1)
Fauziah, R., dkk. (2013). Pembelajaraan Saintifik elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. INVOTEC Innovation Of Vocational Tecnology Education. 9(2)
Irfan, A. (2018). Profil Pemecahan Masalah Pecahan Siswa SD Berdasarkan Adversity Quotient. APOTEMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 4(2)
Jampel, N., & Puspita, K.R. (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekalah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual. International Journal Of Elementary Education. Vol. 1(3). 197-102
Nuralam & Eliyana. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di MAN 1 Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. 18(1)
Partasaya, W., Suharta, I.G.P., & Suparta, I.N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Minat. JNPM(Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1). 168-179.
Syaribuddin, Khaldun, I., Musri. (2016). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Audio Visual Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta didik SMA Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan Sains Internasional Indonesia. 4(2). 96 – 105
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.