Eksplorasi Etnomatematika Motif Batik Lampung pada Penerapan Materi Grafik Fungsi

Authors

  • Emiliana Ningtyas Sutrisno Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Advent Indonesia
  • Louise M Saija Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Advent Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.44943

Keywords:

Ethnomatematika, batik Lampung, grafik fungsi

Abstract

Etnomatematika merupakan gabungan antara materi pelajaran matematika dengan kearifan lokal potensial untuk diterapkan dan digunakan oleh para guru di Indonesia dalam upaya memperkenalkan konsep matematis. Hal ini disebabkan banyaknya tradisi dan kebudayaan pada setiap daerah di Indonesia, salah satunya dari Provinsi Lampung. Lampung memiliki motif batik khas yang dipengaruhi oleh lingkungan dan kebudayaan. Tujuan penelitian ini untuk melakukan eksplorasi terhadap motif batik khas Lampung dengan materi grafik fungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif Siger terbentuk dari fungsi trigonometri. Mutlak dan ln motif Sembagi/Cilugam terbentuk dari fungsi mutlak dan persamaan garis motif Pucuk Rebung terbentuk dari fungsi mutlak motif Payung Agung terbentuk dari fungsi trigonometri, mutlak, kuadrat, dan persamaan garis.

Author Biography

Emiliana Ningtyas Sutrisno, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Advent Indonesia

Penulis bernama lengkap Emiliana Ningtyas Sutrisno, yang lahir di kota Bandar Lampung pada tanggal 8 April 2000 dan sedang menimba ilmu program studi pendidikan matematika (S1) di Universitas Advent Indonesia. no HP (+6282289460455); E-mail: tyasemil8@gmail.com

References

Astawan, N. W. (2020). Siger: Salah satu corak khas batik Andanan Lampung. Jurnal Penelitian Humaniora, 25(2), 67-77.

Astawan, N. W. (2020). Siger: Salah satu corak khas batik Andanan Lampung. Jurnal Penelitian Humaniora, 25(2), 67-77.

Avelia, L. T., Nugraheni, F. A., & Palma, D. I. (2020). Etnomatematika pada Kain Tapis Lampung Motif Pucuk Rebung. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 1, pp. 373-382).

Caswita, C., & Noer, S. H. (2020). Ethnomathematics: Mathematical concepts in tapis Lampung. Journal of Physics: Conference Series, 1581(1), 1-8.

Handayani, W., Widianarko, B., & Pratiwi, A. R. (2021). Toward water friendliness in batik production: Addressing the key factors on water use for batik production in Jarum village, Klaten Regency, Indonesia. Environmental Science and Pollution Research, 4(1), 1-12.

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi bangun datar segi empat pada Candi Muaro Jambi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 99-110.

Isbandiyah, I., & Supriyanto, S. (2019). Pendidikan karakter berbasis budaya lokal Tapis Lampung sebagai upaya memperkuat identitas bangsa. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial-Humaniora, 2(1), 29-43.

Khairunnisa, N., Damris, D., & Kamid, K. (2021). Problematika implementasi pembelajaran matematika secara daring pada siswa SMP Kota Jambi selama pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2172-2184.

Loviana, S., Merliza, P., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Islamuddin, A. M. (2020). Etnomatematika pada kain Tapis dan rumah adat Lampung. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94-110.

Manalu, A. C. S., Jumiati, Y., & Setiawan, W. (2019). Analisis minat belajar matematika siswa SMP kelas VIII pada materi persamaan garis lurus berbantu aplikasi GeoGebra. Journal on Education, 2(1), 63-69.

Masjudin, M. (2017). Pembelajaran kooperatif investigatif untuk meningkatkan pemahaman siswa materi barisan dan deret. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 4(2), 76-84.

Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201-210.

Nurdin, E., Ma'aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1), 1-8.

Richardo, R. (2017). Peran etnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118-125.

Setiana, D. S., Ayuningtyas, A. D., Wijayanto, Z., & Kusumaningrum, B. (2021). Eksplorasi etnomatematika Museum Kereta Kraton Yogyakarta dan pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 89-96.

Sulaiman, H., & Nasir, F. (2020). Ethnomathematics: Mathematical aspects of Panjalin traditional house and its relation to learning in schools. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 247-260.

Utami, H. (2020). Aplikasi metode pewarnaan secara alami pada home industry batik khas Lampung di Kemiling, Bandar Lampung. Sakai Sambayan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 78-82.

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi etnomatematika pada batik Madura. Sigma, 2(2), 35-40.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Sutrisno, E. N., & Saija, L. M. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Motif Batik Lampung pada Penerapan Materi Grafik Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 77–82. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.44943