E-Modul Analitical Mechanics Problem Based Learning: Alternatif untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Analisis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.42146Keywords:
E-modul, Mekanika Analitik, Berpikir AnalisisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-modul Analitical Mechanics Problem Based Learning yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian menggunakan bagian R&D. Instrumen yang digunakan adalah angket uji kelayakan modul dan angket uji validasi. Validatornya adalah enam dosen fisika dari Universitas Negeri Yogyakarta. Soal-soal dalam modul ini telah memenuhi indikator kemampuan berpikir analitis berdasarkan taksonomi Bloom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul Analitical Mechanics Problem Based Learning secara umum layak untuk digunakan pada pembelajaran Fisika. Modul ini memiliki skor kelayakan umum 4,3 sehingga termasuk dalam kategori layak. Hasil uji validitas soal diperoleh skor CVR 1 sebagai skor sempurna pada semua sub indikator. Jadi, himpunan soal dalam modul ini valid. Soal-soal dalam modul termasuk dalam kategori sangat berguna. Sehingga, baik modul maupun soal dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir analisis siswa pada materi Mekanika Analitik.
References
Anderson, L. W., & Bloom, B. S. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman,.
Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 38-48.
Azwar S. RELIABILITAS DAN VALIDITAS ITEM. Bul Psikol. 2016;3(1).
Carriger, M. S. (2015). Problem-based learning and management development–Empirical and theoretical considerations. The International Journal of Management Education, 13(3), 249-259.
Depdiknas. (2008). Teknik Penyusunan Modul. 1–14.
Erny, E., Haji, S., & Widada, W. (2017). Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 1 Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., dan Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Teachers of Expectional Children Minneapolis Training. Minnesota: Leadership Training Institute/ Special Education, University of Minnesota.
Gómez-Pablos, V.B., Pozo, M.M., & Muñoz-Repiso, A.G. 2017. Project-based learning (PBL) through the incorporation of digital technologies: An evaluation based on the experience of serving teachers. Comput. Hum. Behav., 68, 501-512.
Irawan, E., Arif, S., Hakim, A. R., Fatmahanik, U., Fadly, W., Hadi, S., ... & Aini, S. (2020). Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi: Transformasi, Adaptasi, dan Metamorfosis Menyongsong New Normal. Zahir Publishing.
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).
Tatalovic, M. (2009). Science comics as tools for science education and communication: a brief, exploratory study. Journal of Science Communication, 8(4), A02.
Werth, E. P. (2009). Student perception of learning through a problem"based learning exercise: an exploratory study. Policing: An International Journal of Police Strategies & Management.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.