E-Modul Analitical Mechanics Problem Based Learning: Alternatif untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Analisis Siswa

Authors

  • Riyan Prastowo Universitas Negeri Yogyakarta
  • Endang Tri Adiningsih Universitas Negeri Yogyakarta
  • Rashinatun Kaffah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Setiaji Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.42146

Keywords:

E-modul, Mekanika Analitik, Berpikir Analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-modul Analitical Mechanics Problem Based Learning yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian menggunakan bagian R&D. Instrumen yang digunakan adalah angket uji kelayakan modul dan angket uji validasi. Validatornya adalah enam dosen fisika dari Universitas Negeri Yogyakarta. Soal-soal dalam modul ini telah memenuhi indikator kemampuan berpikir analitis berdasarkan taksonomi Bloom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul Analitical Mechanics Problem Based Learning secara umum layak untuk digunakan pada pembelajaran Fisika. Modul ini memiliki skor kelayakan umum 4,3  sehingga termasuk dalam kategori layak. Hasil uji validitas soal diperoleh skor CVR 1 sebagai skor sempurna pada semua sub indikator. Jadi, himpunan soal dalam modul ini valid. Soal-soal dalam modul termasuk dalam kategori sangat berguna. Sehingga, baik modul maupun soal dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir analisis siswa pada materi Mekanika Analitik.

Author Biographies

Riyan Prastowo, Universitas Negeri Yogyakarta

Endang Tri Adiningsih was born in Cilacap on June 3, 2001, currently studying for a bachelor's degree at Yogyakarta State University majoring in Physics Education. Contacts that can be contacted are 082321862886 (WA), Email : endangtri.2019@student.uny.ac.id


Riyan Prastowo was born in Karanganyar on July 25, 2002, currently studying for a bachelor's degree at Yogyakarta State University majoring in Physics Education. Contacts that can be contacted are 082322197950 (WA), Email : riyanprastowo.2019@student.uny.ac.id

Rashinatun Kaffah was born in Pati on March 22, 2001, currently studying for a bachelor's degree at Yogyakarta State University majoring in Physics Education. Contacts that can be contacted are 081906668207 (WA), Email : rashinatun4575fmipa.2019@student.uny.ac.id

Nama: Bayu Setiaji M.Pd
Ttl: Jakarta, 18 Mei 1994
S1: Pendidikan Fisika UNY
S2: Pendidikan Fisika UNY
Afiliasi: Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY
Email: bayu.setiaji@uny.ac.id
No telp: 087715166678

Endang Tri Adiningsih, Universitas Negeri Yogyakarta

Endang  Tri Adiningsih was born in Cilacap on June 3, 2001, currently studying for a bachelor's degree at Yogyakarta State University majoring in Physics Education. Contacts that can be contacted are 082321862886 (WA), Email : endangtri.2019@student.uny.ac.id

Rashinatun Kaffah, Universitas Negeri Yogyakarta

Rashinatun Kaffah was born in Pati on March 22, 2001, currently studying for a bachelor's degree at Yogyakarta State University majoring in Physics Education. Contacts that can be contacted are 081906668207 (WA), Email : rashinatun4575fmipa.2019@student.uny.ac.id

Bayu Setiaji, Universitas Negeri Yogyakarta

Nama: Bayu Setiaji M.Pd
Ttl: Jakarta, 18 Mei 1994
S1: Pendidikan Fisika UNY
S2: Pendidikan Fisika UNY
Afiliasi: Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY
Email: bayu.setiaji@uny.ac.id
No telp: 087715166678

References

Anderson, L. W., & Bloom, B. S. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman,.

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 38-48.

Azwar S. RELIABILITAS DAN VALIDITAS ITEM. Bul Psikol. 2016;3(1).

Carriger, M. S. (2015). Problem-based learning and management development–Empirical and theoretical considerations. The International Journal of Management Education, 13(3), 249-259.

Depdiknas. (2008). Teknik Penyusunan Modul. 1–14.

Erny, E., Haji, S., & Widada, W. (2017). Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 1 Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., dan Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Teachers of Expectional Children Minneapolis Training. Minnesota: Leadership Training Institute/ Special Education, University of Minnesota.

Gómez-Pablos, V.B., Pozo, M.M., & Muñoz-Repiso, A.G. 2017. Project-based learning (PBL) through the incorporation of digital technologies: An evaluation based on the experience of serving teachers. Comput. Hum. Behav., 68, 501-512.

Irawan, E., Arif, S., Hakim, A. R., Fatmahanik, U., Fadly, W., Hadi, S., ... & Aini, S. (2020). Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi: Transformasi, Adaptasi, dan Metamorfosis Menyongsong New Normal. Zahir Publishing.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).

Tatalovic, M. (2009). Science comics as tools for science education and communication: a brief, exploratory study. Journal of Science Communication, 8(4), A02.

Werth, E. P. (2009). Student perception of learning through a problem"based learning exercise: an exploratory study. Policing: An International Journal of Police Strategies & Management.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Prastowo, R., Adiningsih, E. T., Kaffah, R., & Setiaji, B. (2022). E-Modul Analitical Mechanics Problem Based Learning: Alternatif untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Analisis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.42146

Issue

Section

Articles