Deskripsi Kemandirian Belajar Siswa SMA Kelas X pada Mata Pelajaran Fisika

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v7i1.27910

Keywords:

kemandirian belajar, fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengukur kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, dengan metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Peneltian dilakukan di salah satu sekolah yang ada di Jambi yaitu MAN Insan Cendekia Jambi kelas X MIA 1 dengan jumlah 23 siswa. Pengumpulan data melalui penyebaran angket tertutup. Data di analisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil data statistik deskriptif menunjukan skor rata-rata kemandirian belajar siswa termasuk dalam kriteria tinggi dan skor yang paling banyak termasuk dalam kriteria cukup. Dapat dikatakan bahwa siswa di sekolah ini tergolong mandiri dalam belajar pada mata pelajaran fisika. Agar mengetahui lebih lanjut keterkaitan antara tingkat kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar yang dicapai siswa perlu di teliti.

References

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul tahun ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48-65.

Astra, M., Umiatin, & Jannah, M. (2012). Pengaruh model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing terhadap hasil belajar fisika dan karakter siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 135-143.

Faber, J. M., Luyten, H., & Visscher, A. J. (2017). The effects of a digital formative assessment tool on mathematics achievement and student motivation: Results of a randomized experiment. Computers & education, 106(1), 83-96.

Fahradina, N., Bansu, I. A., & Saiman. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa SMP dengan menggunakan model investigasi kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 54-64.

Habiby, W. N. (2017). Statistika pendidikan. Muhammadiyah University Press.

Hamdi, A. S. (2014). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa SMP pada materi persamaan garis lurus. Journal of Medives, 2(1), 107-115.

Maison, A., Kurniawan, D. A., & Sholihah, L. R. (2018). Deskripsi sikap siswa SMA Negeri pada mata pelajaran fisika. Edusains, 10(1), 160-167.

Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. M. (2013). Hubungan antara sikap kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran fisika berbasis portofolio. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 1(1), 26-36.

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 75-84.

Downloads

Published

2019-06-15

How to Cite

Desma Romadona, D., & Hestiwidayani, H. (2019). Deskripsi Kemandirian Belajar Siswa SMA Kelas X pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(1), 27–30. https://doi.org/10.21831/jpms.v7i1.27910

Issue

Section

Articles