Deskripsi Kemandirian Belajar Siswa SMA Kelas X pada Mata Pelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v7i1.27910Keywords:
kemandirian belajar, fisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengukur kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, dengan metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Peneltian dilakukan di salah satu sekolah yang ada di Jambi yaitu MAN Insan Cendekia Jambi kelas X MIA 1 dengan jumlah 23 siswa. Pengumpulan data melalui penyebaran angket tertutup. Data di analisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil data statistik deskriptif menunjukan skor rata-rata kemandirian belajar siswa termasuk dalam kriteria tinggi dan skor yang paling banyak termasuk dalam kriteria cukup. Dapat dikatakan bahwa siswa di sekolah ini tergolong mandiri dalam belajar pada mata pelajaran fisika. Agar mengetahui lebih lanjut keterkaitan antara tingkat kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar yang dicapai siswa perlu di teliti.References
Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul tahun ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48-65.
Astra, M., Umiatin, & Jannah, M. (2012). Pengaruh model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing terhadap hasil belajar fisika dan karakter siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 135-143.
Faber, J. M., Luyten, H., & Visscher, A. J. (2017). The effects of a digital formative assessment tool on mathematics achievement and student motivation: Results of a randomized experiment. Computers & education, 106(1), 83-96.
Fahradina, N., Bansu, I. A., & Saiman. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa SMP dengan menggunakan model investigasi kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 54-64.
Habiby, W. N. (2017). Statistika pendidikan. Muhammadiyah University Press.
Hamdi, A. S. (2014). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa SMP pada materi persamaan garis lurus. Journal of Medives, 2(1), 107-115.
Maison, A., Kurniawan, D. A., & Sholihah, L. R. (2018). Deskripsi sikap siswa SMA Negeri pada mata pelajaran fisika. Edusains, 10(1), 160-167.
Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. M. (2013). Hubungan antara sikap kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran fisika berbasis portofolio. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 1(1), 26-36.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 75-84.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.