Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Metode Eksperimen Lapangan dan Eksperimen Laboratorium terhadap Prestasi Belajar Siswa Klas X SMA N 2 Yogyakarta

Authors

  • Singgih Murwani SMA N 2 Yogyakarta
  • Yuni Wibowo Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v1i2.2481

Keywords:

pendekatan CTL, metode eksperimen lapangan, metode eksperimen laboratorium, prestasi belajar

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan metode eksperimen terhadap prestasi belajar siswa. Jenis Penelitian adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 2 Yogyakarta. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X4 SMA Negeri 2 Yogyakarta yang diambil secara random. Kelas X1 diperlakukan dengan menggunakan metode eksperimen lapangan sedangkan kelas X4 menggunakan metode eksperimen laboratorium. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh antara Contex-tual Teaching and Learning dengan metode Eksperimen Lapangan dan Eksperimen Laboratorium terhadap Prestasi belajar siswa.

Kata kunci: pendekatan CTL, metode eksperimen lapangan, metode eksperimen laboratorium, prestasi belajar

Downloads

Published

2013-12-13

How to Cite

Murwani, S., & Wibowo, Y. (2013). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Metode Eksperimen Lapangan dan Eksperimen Laboratorium terhadap Prestasi Belajar Siswa Klas X SMA N 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 134–139. https://doi.org/10.21831/jpms.v1i2.2481