Peningkatan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 10 Kupang Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya pada Materi Sistem Gerak Manusia Tahun Ajaran 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12482Keywords:
model pembelajaran tutor sebaya, prestasi belajar biologi, aktivitas siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII B SMP Negeri 10 Kupang melalui implementasi model pembelajaran Tutor Sebaya pada materi sistem gerak pada manusia pada tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, perencana-an, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan melalui tes tertulis prestasi belajar biologi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif untuk melihat aktivitas dan ketuntasan belajar siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa rerata aktivitas siswa meng-alami peningkatan pada siklus I mencapai 2,052 (kualifikasi cukup) dan pada siklus II mencapai 3,013 (kualifikasi baik). Sedangkan aktivitas guru juga mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 73,5% (kualifikasi baik) meningkat pada siklus II menjadi 80% (kualifikasi sangat baik). Hasil tes menunjukkan ada peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 20%, dari siklus I ketuntasan siswa mencapai 67,5% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II, dengan rerata prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 73,5 meningkat menjadi 80,5 pada siklus II.
Kata kunci: model pembelajaran tutor sebaya, prestasi belajar biologi, aktivitas siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.