"˜Student Recap' Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.12435Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelesaikan masalah keaktifan pembelajaran matematika yang masih kurang pada siswa kelas VII-5 SMPN 216 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus ke- yang diawali sebelumnya dengan penelitian pendahuluan. Masing-masing siklus ke- terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Untuk memperoleh data yang valid digunakan teknik triangulasi data yaitu dari guru, siswa, dan observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi pembelajaran "Student Recap" dengan format DG, DGS dan SKS dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika. 2) Kemampuan siswa dalam membuat "Student Recap" meningkat jika dibimbing secara bertahap menggunakan format DG, DGS dan SKS 3) Pembentukan kelompok yang melibatkan siswa dan kelompok yang tidak berubah menjadikan tiap kelompok lebih kompak sehingga mempererat hubungan kerjasama.
Kata kunci: "˜student recap', format DG, DGS, SKS, aktif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.