Sikap, Kecerdasan Emosional dalam Interaksi Sosial di Kelas dan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.12406Abstract
Artikel ini didasarkan pada hasil penelitian dengan tujuan untuk menemukan korelasi antara sikap terhadap matematika, kecerdasan emosional dalam interaksi sosial di kelas dengan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan survey di SMP Negeri 5 Yogyakarta, dengan banyaknya responden 80 siswa yang diambil secara random klas sampling. Hasil penelitian menunjukkan korelasi positif antara: (A) sikap terhadap matematika dan prestasi belajar matematika; (b) kecerdasan emosional dalam interaksi sosial di kelas dan prestasi belajar matematika. Tambahan pula terdapat korelasi positif antara sikap terhadap matematika bersama-sama dengan kecerdasan emosional dalam interaksi sosial di kelas dengan prestasi belajar matematika.
Kata kunci: sikap, kecerdasan emosional, interaksi sosial, hasil belajar matematika
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.