Penerapan Strategi RG-RP Pada Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12213Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Tindakan yang diberikan adalah pembelajaran menggunakan strategi Reading Guide (RG) untuk pemahaman materi dan dilanjutkan dengan strategi Role Playing (RP). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif aspek produk sebelum tindakan adalah 59,16, pada akhir siklus I menjadi 74,34, dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 79,28. Pada ranah kognitif aspek proses, ada peningkatan dari siklus I dengan kriteria baik dan siklus II menjadi sangat baik. Ranah afektif juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan kriteria baik menjadi sangat baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara keseluruhan pencapaian strategi RG-RP meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: strategi reading guide, role playing, sistem pernapasan manusia, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.