Penerapan Strategi RG-RP Pada Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Hariyatmi Hariyatmi Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12213

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Tindakan yang diberikan adalah pembelajaran menggunakan strategi Reading Guide (RG) untuk pemahaman materi dan dilanjutkan dengan strategi Role Playing (RP). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif aspek produk sebelum tindakan adalah 59,16, pada akhir siklus I menjadi 74,34, dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 79,28. Pada ranah kognitif aspek proses, ada peningkatan dari siklus I dengan kriteria baik dan siklus II menjadi sangat baik. Ranah afektif juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan kriteria baik menjadi sangat baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara keseluruhan pencapaian strategi RG-RP meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: strategi reading guide, role playing, sistem pernapasan manusia, hasil belajar

Downloads

Published

2016-07-27

How to Cite

Hariyatmi, H. (2016). Penerapan Strategi RG-RP Pada Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 16(1), 51–60. https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12213