Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran TGT Ular Tangga Bagi Siswa SMPN 18 Purworejo
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12210Abstract
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar pada kompetensi dasar Nama Unsur dan Rumus Kimia Sederhana mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penggunaan model pembelajaran Teams-Games-Tournaments (TGT) Ular Tangga bagi siswa kelas VII F SMP Negeri 18 Purworejo, Jawa Tengah, pada tahun ajaran 2008/2009. Penelitian terdiri atas dua siklus. Pada awal pembelajaran dengan pretes diperoleh nilai rata-rata kelas 54,3, dan setelah diberikan pembelajaran pada siklus I kemudian dilakukan postes dengan nilai rata-rata kelas menjadi 66,18 dan pada postes pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 73,3. Terlihat adanya kenaikan daya serap pada siklus II, dan target ketuntasan minimal (KKM) sebesar 68 telah dilampaui, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT Ular Tangga dapat meningkatkan hasil belajar IPA.
Kata kunci: pembelajaran IPA, TGT ular tangga, nama unsur dan rumus kimia sederhana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.