Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Matematika Realistik
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12203Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7 dari dua SMP dengan kategori sedang yang dipilih secara acak dengan teknik purposive sampling dari seluruh SMP di Bekasi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan matematika realistis dan di kelompok kontrol dilaksanakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematis; (2) lembar observasi; (3) angket respon siswa; dan (4) pedoman waawancara. Analisis data dengan uji-t dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistis lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional secara keseluruhan maupun berdasarkan kategori kemampuan matematis siswa (tinggi, sedang, rendah). Siswa dengan kemampuan matematika umum tinggi mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik daripada siswa dengan kemampuan matematika umum sedang maupun rendah.
Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, pendekatan pendidikan matematika realistis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.