Proses Berpikir Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Melakukan Estimasi Masalah Berhitung
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12202Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa SD berkemampuan matematika tinggi dalam melakukan estimasi dalam masalah berhitung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang memiliki skor lebih dari 75 dalam tes matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memahami masalah, siswa berkemampuan tinggi menggunakan proses akomodasi, yaitu memahami masalah dengan membaca secara berulang. Dalam membuat perencanaan pemecahan masalah, siswa juga menggunakan proses akomodasi, yaitu mengakomodasi bilangan-bilangan yang mempunyai keterkaitan sehingga secara mental mudah dioperasikan. Dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa menggunakan proses asimilasi, yaitu melaksanakan rencana yang sudah dibuat. Dalam memeriksa jawaban, siswa juga menggunakan proses asimilasi, yaitu menelusuri kembali pekerjaan yang telah dilakukan sebelum dan sesudah diperoleh solusi akhir melalui berhitung secara mental.
Kata kunci: proses berpikir, estimasi, asimilasi, akomodasi, pemecahan masalah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.