Penggunaan Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep-Konsep Biologi Umum
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12198Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap konsep-konsep biologi umum. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dengan materi Struktur dan Organisasi Tubuh Organisme pada siklus I dan Keanekaragaman Hayati pada Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi metakognitif berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep biologi rata-rata sebesar 44,98%, dan ketuntasan belajar mahasiswa sebesar 82,35%.
Kata kunci: strategi metakognitif, pemahaman, konsep, biologi umum
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.