Penggunaan Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep-Konsep Biologi Umum

Authors

  • Noorhidayati Noorhidayati Pendidikan Biologi FKIP Unlam Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12198

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap konsep-konsep biologi umum. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dengan materi Struktur dan Organisasi Tubuh Organisme pada siklus I dan Keanekaragaman Hayati pada Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi metakognitif berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep biologi rata-rata sebesar 44,98%, dan ketuntasan belajar mahasiswa sebesar 82,35%.

Kata kunci: strategi metakognitif, pemahaman, konsep, biologi umum

Downloads

Published

2016-07-27

How to Cite

Noorhidayati, N. (2016). Penggunaan Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep-Konsep Biologi Umum. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 15(1), 43–49. https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12198