Bentuk komunikasi nonverbal guru dalam proses belajar mengajar bagi siswa tunarungu

Komunikasi Nonverbal Anak Tunarungu Proses Belajar Mengajar

Authors

  • Putri Purnama Sari
    putripurnamasari021@gmail.com
    Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Marlina Marlina Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Padang, Indonesia
February 3, 2022
November 30, 2021

Downloads

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan siswa tunarungu yang sedang melakukan proses belajar mengajar  menggunakan komunikasi nonverbal atau menfungsikan semua organ tubuh dan juga berbagai macam ekpresi yang diperlihatkan dalam berinteraksi. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan bentuk komunikasi nonverbal guru dalam proses belajar mengajar bagi siswa tunarungu di SLB Perwari padang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deksriptif kualitatif dengan menjabarkan peristiwa atau fenomena. Tiga orang Guru yang mengajar siswa tunarungu yaitu pada tingkat SD, SMP dan SMA menjadi subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, kemudian dari hasil tersebut dapat ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gerakan tubuh guru seperti bahasa isyarat sangat penting bagi siswa tunarungu pada saat proses belajar mengajar agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik, artikulasi dan gerak bibir guru harus jelas dengan intonasi sedang dan jarak antara guru dengan siswa harus dekat, agar siswa paham dengan yang disampaikan guru. Guru juga harus memperhatikan ketepatan waktu berkomunikasi dalam menyampaikan materi untuk mendapatkan respon yang diharapkan. Ketika siswa sedang bersedih pada saat proses belajar mengajar berlangsung, maka guru akan melakukan sentuhan yang dapat menunjukkan rasa kasih sayang.