PERANAN ORANG TUA ANAK TUNAGRAHITA DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI SLB-AC DHARMA WANITA KAB. SIDOARJO

Peranan Orang Tua Tunagrahita Pendidikan Khusus

Authors

  • Muhamad Rosyid
    muhamadrosyid2012@gmail.com
    Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
October 3, 2019
October 3, 2019

Downloads

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan orang tua anak tunagrahita dalam menunjang pelaksanaan pendidikan di SLB-AC Dharma Wanita Kab. Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian orang tua anak tunagrahita sebanyak 34 orang dari SDLB, SMPLB, dan SMALB di SLB-AC Dharma Wanita Kab. Sidoarjo dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bidang akademik perencanaan memperoleh skor rata-rata 2,49 dengan kategori sedang, bidang akademik pelaksanaan memperoleh skor rata-rata 3,30 dengan kategori sangat tinggi, bidang akademik evaluasi memperoleh skor rata-rata 3, 17 dengan kategori tinggi, bidang non akademik pengembangan diri memperoleh skor rata-rata 3,1 dengan kategori tinggi. Disimpulkan bahwa (1) peranan orang tua dalam bidang akademik yang merupakan masalah pelaksanaan asesmen dan pembuatan program khusus sangat kurang sedangkan peranan orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran sudah baik (2) peranan orang tua anak tunagrahita dalam menunjang pelaksanaan pendidikan di SLB-AC Dharma Wanita Kab. Sidoarjo dalam bidang non akademik yang merupakan masalah pembuatan program sangat kurang, sedangkan dalam pelaksanaan pengenbangan diri peran orang tua sudah baik.