Pengembangan perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4928Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran tematikintegratifberbasis sosiokultural dengan tema indahnya kebersamaan yang layak dan
efektif bagi peserta didik kelas IV SDN Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Tahap penelitian
pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang telah
dielaborasi oleh Sukmadinata menjadi tiga kelompok, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2)
pengembangan, dan (3) pengujian dan sosialisasi. Subjek uji pendahuluan adalah tiga
orang validator ahli dan satu orang validator praktisi. Subjek uji utama adalah peserta
didik kelas IV B SDN Pujokusuman 1 Yogyakarta yang berjumlah 29 peserta didik. Hasil
penelitian pada uji terbatas adalah produk silabus, RPP, media pembelajaran, bahan ajar,
dan tes hasil belajar menurut validator ahli dan validator praktisi adalah layak untuk
digunakan, dibuktikan dengan rerata skor Aiken's V untuk masing-masing perangkat
pembelajaran yang mendekati 1, Uji efektivitas menggunakan desain eksperimen beforeafter
dengan data hasil pre-test dan post-test menunjukkan perbedaan yang signifikan.
Signifikansi yang dihasilkan dari perhitungan SPSS menunjukkan angka 0,0001 ≤ 0,05.
Kegiatan guru sebelum dan ketika menggunakan perangkat yang dikembangkan
mengalami peningkatan sebesar 34,26%. Kegiatan peserta didik sebelum dan ketika
diterapkan perangkat yang dikembangkan mengalami peningkatan sebesar 38,89%
Downloads
How to Cite
Abduh, M. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4928
Issue
Section
Articles