Pembelajaran konstruktivistik meningkatkan cara berpikir divergen siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4927Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran konstruktivistik yangefektif untuk mengembangkan cara berpikir divergen dan konvergen siswa SD. Metode
penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah pendekatan R&D
(Research and Development) model Borg and Gall. Hasil penelitian adalah; 1) pembelajaran
di SD Sleman Iebih dominan mengembangkan cara berpikir konvergen daripada cara
berpikir divergen, 2) model pembelajaran yang sering diterapkan guru adalah model
pembelajaran ekspositori, yang menjadikan metode ceramah sebagai metode utama, 3)
penerapan model pembelajaran konstruktivistik mampu meningkatkan cara berpikir
divergen dan konvergen siswa SD, 4) penerapan model pembelajaran konstruktivistik
mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa SD, 5) penerapan model pembelajaran
konstruktivistik mampu meningkatkan hasil belajar siswa SD, dan 6) sistem evaluasi
portofolio mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa SD
Downloads
How to Cite
Haryanto, H. (2015). Pembelajaran konstruktivistik meningkatkan cara berpikir divergen siswa SD. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4927
Issue
Section
Articles