Pembelajaran konstruktivistik meningkatkan cara berpikir divergen siswa SD

Authors

  • Haryanto Haryanto

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4927

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran konstruktivistik yang
efektif untuk mengembangkan cara berpikir divergen dan konvergen siswa SD. Metode
penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah pendekatan R&D
(Research and Development) model Borg and Gall. Hasil penelitian adalah; 1) pembelajaran
di SD Sleman Iebih dominan mengembangkan cara berpikir konvergen daripada cara
berpikir divergen, 2) model pembelajaran yang sering diterapkan guru adalah model
pembelajaran ekspositori, yang menjadikan metode ceramah sebagai metode utama, 3)
penerapan model pembelajaran konstruktivistik mampu meningkatkan cara berpikir
divergen dan konvergen siswa SD, 4) penerapan model pembelajaran konstruktivistik
mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa SD, 5) penerapan model pembelajaran
konstruktivistik mampu meningkatkan hasil belajar siswa SD, dan 6) sistem evaluasi
portofolio mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa SD

Author Biography

Haryanto Haryanto

Universitas Negeri Yogyakarta Email: haryan62@yahoo.co.id

Downloads

How to Cite

Haryanto, H. (2015). Pembelajaran konstruktivistik meningkatkan cara berpikir divergen siswa SD. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4927

Issue

Section

Articles