KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD DAN MODEL ELABORASI TIPE PQ4R DITINJAU DARI KUALITAS DAN HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • Akhmad Muzakkir

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i2.4917

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) keefektifan model pembelajaran cooperative tipe STAD terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS; 2) keefektifan model pembelajaran elaborasi tipe PQ4R terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa; 3) membandingkan keefektifan model cooperative learning tipe STAD dengan elaborasi tipe PQ4R ditinjau dari kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, menggunakan dua kelompok eksperimen dengan desain Counterbalanced Design with Two Treatments Design. Sampel penelitian adalah 30 siswa kelas IV SDN 1 Pengenjek dan SDN Beber. Pengumpulan data kualitas pembelajaran menggunakan metode observasi dan angket, dokumentasi dan data hasil belajar menggunakan tes. Hasil pengukuran dengan MANOVA menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama, model pembelajaran cooperative tipe STAD efektif ditinjau dari kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Kedua, model pembelajaran elaborasi tipe PQ4R efektif ditinjau dari kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Ketiga, pembelajaran cooperative tipe STAD lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran elaborasi tipe PQ4R ditinjau dari kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa

Author Biography

Akhmad Muzakkir

IAIN Mataram NTB Email: alfin.mubarrakh@gmail.com

Downloads

How to Cite

Muzakkir, A. (2015). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD DAN MODEL ELABORASI TIPE PQ4R DITINJAU DARI KUALITAS DAN HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i2.4917

Issue

Section

Articles