MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ANAK TUNARUNGU SLB WIYATA DHARMA I SLEMAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i2.4915Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen pembelajaran Bahasa Indonesia anak tunarungu kelas VII SMPLB Wiyata Dharma I Sleman, dengan melihat aspek-aspek: 1) perencanaan pembelajaran, 2) proses pelaksanaan pembelajaran, dan 3) evaluasi hasil belajar. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa kelas VII SMPLB Wiyata Dharma I Sleman. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Manajemen perencanaan dilakukan dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang lengkap; 2) Proses pembelajaran dilakukan dengan tatap muka antara guru dengan siswa dengan metode komunikasi total (komtal); 3) Evaluasi hasil belajar tidak hanya menyangkut pencapaian materi hasil belajar siswa, akan tetapi proses pembelajaranDownloads
How to Cite
Sarbani, .-. (2015). MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ANAK TUNARUNGU SLB WIYATA DHARMA I SLEMAN. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i2.4915
Issue
Section
Articles