STUDI KOMPARASI SELF-EFFICACY GURU SD SN DAN RSBI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Authors

  • Kristoforus Dowa Bili

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i2.4913

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self-efficacy guru SDSN dan SD eks RSBI di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparasi. Populasi yang dipilih adalah guru SDSN dan SD eks-RSBI di DIY dengan jumlah sampel sebanyak 351 guru, yaitu 248 guru SDSN dan 103 guru SD eks-RSBI. Data dikumpulkan dengan lembar skala psikologi tentang self-efficacy, berdasarkan tiga dimensi Bandura. Data dianalisis secara univariat dan bivariat memakai uji-t dua sampel independen. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa self-efficacy guru SD eks RSBI lebih tinggi dibanding guru SDSN dengan selisih sebesar 0,1881.Berdasarkan uji-t dua sampel independen diperoleh signifikansi perbedaan nilai p-value sebesar 0,012, meskipun di masing-masing kabupaten menunjukan hasil berbeda

Author Biography

Kristoforus Dowa Bili

STKIP Weetebula, Sumba, NTT

Downloads

How to Cite

Dowa Bili, K. (2015). STUDI KOMPARASI SELF-EFFICACY GURU SD SN DAN RSBI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i2.4913

Issue

Section

Articles