IDENTIFIKASI HAMBATAN STRUKTURAL DAN KULTURAL MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i2.4794Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yangdialami mahasiswa FIP UNY dalam penyusunan tugas akhir skripsi. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Sampel penelitianada 82 mahasiswa, dengan teknik proporsional random sampling. Data penelitiandikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahanyang dihadapi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi (1) kurang memiliki pengetahuantentang metodologi penulisan skripsi; (2) kebingungan dalam mengembangkan teoripendukung skripsi dan sering mengalami gangguan emosional dalam penyusunanskripsi (3) kurang memiliki kemampuan dalam tulis menulis karya ilmiah (4) kesulitandalam penyusunan pembahasan hasil penelitian (5) kurangnya buku-buku/referensi/literatur yang terkait permasalahan penelitian (6) kesulitan dalam analisis data penelitiandan menginterpretasikannya (7) kurang memiliki motivasi dalam menyusun skripsi(8) kesulitan dalam mencari hasil penelitian yang relevan (9) kesulitan menemukanpermasalahan yang ada (10) dosen terlalu sibuk dengan aktifitas di luar (11) membantuorang tua dan terakhir (12) kesulitan dalam menyusun/memahami kajian pustaka.Permasalahan tersebut lebih dominan disebabkan dari faktor internal dibandingkanfaktor eksternal. Faktor internal yang dominan berupa pengetahuan dan cara menyusunskripsi, sedangkan faktor eksternal melibatkan dosen pembimbing.Kata kunci: permasalahan, skripsiDownloads
How to Cite
dan Sugiyanto, M. N. W. (2015). IDENTIFIKASI HAMBATAN STRUKTURAL DAN KULTURAL MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i2.4794
Issue
Section
Articles