EFEKTIVITAS METODE PERMAINAN DALAM PENDIDIKAN NILAI DANKETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mujinem & Sekar Purbarini Kawuryan

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i2.4792

Abstract

Penelitian bertujuan menguji keefektifan metode permainan untuk meningkatkanhasil belajar pendidikan nilai dan hasil belajar keterampilan yang terintegrasi dalampembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini menggunakan metode praeksperimental dengan one group pre test-post design. Hasil penelitian menunjukkanbahwa: (1) implementasi metode permainan dalam pembelajaran IPS dilakukan dengancara bermain TTS, picture and picture, wordsquare, dan scramble, (2) hasil belajar pendidikannilai (kejujuran, kesabaran, dan ketaatan beribadah) dengan menggunakan metodepermainan untuk kategori sedang 4 orang (13,7%), tinggi 21 orang (73%), dan sangattinggi 3 orang (10,2%), (2) hasil belajar keterampilan sosial kelompok (tanggung jawab,kerjasama, dan toleransi) dengan menggunakan metode permainan dengan kategoritinggi sebanyak 15 orang (53,6%) dan sangat tinggi 13 orang (43%).Kata kunci: metode permainan, pendidikan nilai, keterampilan

Author Biography

Mujinem & Sekar Purbarini Kawuryan

Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

How to Cite

Sekar Purbarini Kawuryan, M. &. (2015). EFEKTIVITAS METODE PERMAINAN DALAM PENDIDIKAN NILAI DANKETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i2.4792

Issue

Section

Articles