PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTEK PRODUKTIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Fajar Suryanto

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v5i2.4746

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran praktek produktif di SMK Negeri I Kalijambe Sragen. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri I Kalijambe Sragen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran praktek produktif di SMK Negeri I Kalijambe Sragen program keahlian Tata Buasana dilaksanakan dari kelas X sampai XII menganut model Pendidikan Sistem Ganda (PSG) 2) kerja sama yang dilaksanakan dengan perusahaan berupa praktek kerja industri (Prakerin) dan perekrutan tenaga kerja; c) hasil praktek siswa berbentuk nilai dan produk barang/pakaian, penilaian dilakukan oleh guru selama proses kegiatan dan melihat hasil praktek siswa. Hasil tamatan dua tahun terakhir sebanyak 33 siswa dan 94% sudah bekerja dan melanjutkan sekolah.

 

Kata Kunci: pembelajaran praktek

Author Biography

Fajar Suryanto

SMKN Kalijambe Sragen

Downloads

How to Cite

Suryanto, F. (2015). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTEK PRODUKTIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v5i2.4746

Issue

Section

Articles