KOMITMEN PEKERJAAN SEBAGAI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) PADA MAHASISWA BK FIP UNY

Authors

  • Rosita Endang Kusmaryani

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i1.4741

Abstract

Tujuan penelitian adalah 1) menentukan komitmen mahasiswa sebagai guru bimbingan dan konseling (BK); 2) menentukan persepsi mahasiswa terhadap pekerjaan sebagai guru BK. Subjek penelitian ini adalah 67 orang mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan datanya menggunakan skala psikologis dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Komitmen Pekerjaan dan juga Angket Persepsi Pekerjaan. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan dua instrumen tersebut dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil kesimpulannya adalah 1) komitmen mahasiswa BK terhadap pekerjaan sebagai guru BK tergolong cukup baik; 2) komitmen ini lebih banyak didominasi oleh komponen afektif, jika dibandingkan dengan komitmen kalkulatif dan normatif; 3) persepsi mahasiswa terhadap pekerjaan sebagai guru BK dalam memenuhi kebutuhan ekonomi cukup baik, dan untuk memenuhi kebutuhan sosial dan kebutuhan psikologi sangat baik.

 

Kata kunci: komitmen pekerjaan, afektif, kalkulatif, normatif

Author Biography

Rosita Endang Kusmaryani

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

How to Cite

Endang Kusmaryani, R. (2015). KOMITMEN PEKERJAAN SEBAGAI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) PADA MAHASISWA BK FIP UNY. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i1.4741

Issue

Section

Articles