Kurikulum holistik integratif berbasis permainan tradisional pada PAUD di Yogyakarta

Authors

  • Avanti Vera Risty Pramudyani
  • M. Ragil Kurniawan
  • Harun Rasyid
  • dan Sujarwo

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.17910

Keywords:

kurikulum, holistik integratif, permainan tradisional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kurikulum holistik integratif yang dikembangkan pada PAUD. Kurikulum holistik integratif yang diterapkan di PAUD lebih bermakna apabila lingkungan sekitar anak yang dapat dijadikan sebagai dasar pengembangan. Permainan tradisional sebagai salah satu kearifan lokal dapat menjadi dasar pengembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif jenis surveI. Penelitian ini melibatkan pendidik PAUD yang tersebar di tiga kabupaten yaitu Bantul, Sleman, dan Gunung Kidul. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif menggunakan rerata, median, modus, persentase, dan pengelompakan berdasarkan interval data. Hasil penelitian diperoleh bahwa 94% lembaga PAUD di tiga wilayah tersebut belum mengembangkan holistik integratif. Sedangkan 65% responden menggunakan permainan tradisional di luar pembelajaran dengan jenis permianan yang paling sering digunakan yaitu, Petak Umpet, Cublak-cublak suweng, Jamuran, dan Jaranan.

Downloads

Published

2017-09-02

How to Cite

Pramudyani, A. V. R., Kurniawan, M. R., Rasyid, H., & Sujarwo, dan. (2017). Kurikulum holistik integratif berbasis permainan tradisional pada PAUD di Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 86–96. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.17910

Issue

Section

Articles