PENDIDIKAN BERBASIS ENTREPRENEUR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.954Abstract
Kemiskinan menjadi jalan masuknya penjajahan abad baru karena bangsa yang miskin akanmudah dikendalikan dan dikuasai negara lain. Generasi masa kini dan yang akan datang harusdapat memperjuangkan dan mengelola sumber daya yang melimpah, dan pendidikanentrepreneurship adalah salah satu jalan untuk keluar dari kemiskinan menuju kejayaan.Pendidikan entrepreneur adalah satu konsep pendidikan yang memberikan semangat padapeserta didik untuk kreatif dan inovatif dalam mengerjakan sesuatu hal. Pola pendidikansedemikian ini menuntut peserta didik untuk bisa produktif. Pendidikan entrepreneur adalahsebuah pendidikan yang mengarahkan dan membekali peserta didik untuk bisa cepat dalammerespon perubahan dan memahami kebutuhan sosial ekonomi masyarakat.Pemerintah seyogyanya mau memberikan perhatian lebih dan menyediakan dana yangmemadai supaya proses pendidikan entrepreneurship bisa berjalan dan dijalankan secaraefektif. Orang tua harus membekali pendidikan entrepreneur sejak dini untuk anak-anaknya,Guru harus mengajarkan spirit entrepreneur pada murid-muridnya, masyarakatpun haruslebih aktif dan intensif dalam memantau perkembangan pendidikan entrepreneur kalau inginbangsanya maju, tidak hanya menjadi bangsa kuli dengan mengirim TKI ke luar negeri yangsebagian besar sebagai pembantu. Negara yang kaya raya akan sumber daya alam ini biladidukung sumber daya yang memiliki spirit entrepreneur yang tinggi akan menjadi Negarayang makmur sehingga dengan sendirinya kemiskinan akan berkurang bahkan menjadisejarah dan tinggal kenangan yang hanya ada di museum.Downloads
Published
12/01/2010
How to Cite
Nurseto, T. (2010). PENDIDIKAN BERBASIS ENTREPRENEUR. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.954
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.