PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI ADMINISTRASI DAN PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI LINGKUNGAN FISE UNY
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.951Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh pemanfaatan teknologiinformasi terhadap kualitas pelayanan pegawai administrasi di lingkungan FISE UNY. (2)Pengaruh kualitas pelayanan pegawai administrasi terhadap kepuasan mahasiswa dilingkungan FISE UNYPenelitian ini menggunakan populasi pegawai administrasi FISE UNY sebanyak 50orang untuk menjawab fenomena hipotesis pertama. Dari kuisioner yang disebar pada seluruhkaryawan diperoleh hasil 33 kuesioner yang dapat digunakan dengan respon rate 66 %.Jumlah kuesioner tersebut tidak dapat memenuhi jumlah sampel minimal yang dapatdigunakan dalam analisis. Penggunanan sampel sebanyak 33 merupakan keterbatasan daripenelitian ini mengingat kuesioner sudah disebarkan kepada seluruh populasi pegawaiadministrasi sehingga sampel tidak dapat ditambah. Sedangkan untuk hipotesis kedua,penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 133 mahasiswa dari seluruh program studi.Ukuran sampel minimum ditentukan dengan jumlah variabel latent yang paling komplekdikalikan dengan 10 dan dengan melakukan analisis power secara priori. Pengujianreliabilitas menggunakan PLS dimana reliabilitas dilihat dari hasil nilai composite reliabilitynilai hubungan antar variabel dengan dimensi pengukur lebih dari 0,7 dan dengan menggukanCronbach's alpha minimal 0,7. Validitas instrumen diuji menggunakan validitas konvergendan validitas diskriminan. Konstruk dianggap memenuhi validitas konvergen jika nilai rataratavarian (Average variance extracted – AVE) mempunyai nilai lebih dari 0,5 mempunyailoading factor minimal 0,60 dan idelanya 0,70 atau lebih. Pengujian model penelitianmenggunakan teknik analisis second order dalam PLS dan hipotesis yang diajukan dalampenelitian ini (hipotesis pertama dan kedua) diuji dengan menggunakan teknik Partial-leastsquare(PLS).Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) Pemanfaatan Teknologi Informasi tidakBerpengaruh Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Di Lingkungan FISE UNY.Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar -0,00223, nilai t-value sebesar 0,899123dan nilai p-value sebesar 0,3707. Dan (2) Kualitas Pelayanan Pegawai AdministrasiBerpengaruh Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Lingkungan FISE UNY. Hal ini ditunjukkandengan nilai koefisien 0,787333 nilai t-value sebesar 41,072917 dan nilai p-value sebesar0,0000.Kata Kunci : Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasidan Kepuasan Mahasiswa.Downloads
Published
12/01/2010
How to Cite
Rahmawati, D. (2010). PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI ADMINISTRASI DAN PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI LINGKUNGAN FISE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.951
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.