PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU MEDIA MONOPOLI DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2011/2012
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.926Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Aktivitas Belajar melaluiPenerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank Kelas X Akuntansi 2 SMKNegeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus.Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran2011/2012 sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi,dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan data reduction, data display,dan verification.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan AktivitasBelajar Siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012 melaluipenerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division padaKompetensi Dasar Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank. Aktivitas belajar secara umummengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Sebelum menggunakan ModelCooperative Learning Tipe STAD Aktivitas Belajar Siswa hanya 39,31%, kemudian padasiklus I sebesar 67,43% dan menjadi 88,06% pada siklus II. Indikator Aktivitas Belajarkhususnya siswa yang memperhatikan apa yang disampaikan guru mengalami peningkatandari 68,06% menjadi 94,44%, siswa yang bertanya dan menyampaikan pendapat pada saatkegiatan belajar atau diskusi mengalami peningkatan dari 53,47% menjadi 81,94%, siswayang bekerja sama dengan teman satu tim mengalami peningkatan dari 66,67% menjadi88,19%, siswa yang membuat perencanaan dan pembagian tugas tim mengalami peningkatandari 67,36% menjadi 87,50%, siswa yang bertanggung jawab terhadap tugas yang telahditetapkan dalam tim mengalami peningkatan dari 70,83% menjadi 86,81%, siswa yangmendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kegiatan belajar mengajar mengalamipeningkatan dari 74,31% menjadi 90,97%, siswa yang bertukar pendapat antar teman dalamtim mengalami peningkatan dari 68,75% menjadi 84,72%, siswa yang memiliki kepedulianterhadap kesulitan sesama anggota tim mengalami peningkatan dari 68,06% menjadi 86,11%,siswa yang mengambil keputusan dari pertimbangan anggota mengalami peningkatan dari69,44% menjadi 86,11%, serta siswa yang mengerjakan kuis dengan kemampuan sendirimengalami peningkatan dari 67,36% menjadi 93,75%.
Kata Kunci: Cooperative Learning, Student Teams Achievement Division, Aktivitas BelajarAkuntansi, SMK Negeri 1 Godean
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.