IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X AK 2 SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.913Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yangbertujuan meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa melalui implementasi modelpembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dalam Kompetensi KeahlianAkuntansi pada siswa kelas X Ak.2 SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dandokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data hasil observasi dianalisisdengan menggunakan analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif ini dilakukan denganmembandingkan persentase skor Aktivitas Belajar Akuntansi siswa pada saat siklus 1 dansiklus 2. Analisis data kualitatif dilakukan dengan teknik analisis interaktif yang terdiri atas 3komponen kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi model pembelajarankooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansidalam Kompetensi Keahlian Akuntansi pada siswa kelas X Ak.2 SMK YPKK 2 SlemanTahun Ajaran 2011/2012 yang dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata Aktivitas Siswasebesar 24,60% dari sebelum implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NumberedHeads Together sebesar 32,74% meningkat menjadi 57,34% pada siklus 1. Selanjutnya darisiklus 1 ke siklus 2 juga terjadi peningkatan sebesar 36,49% atau diperoleh skor rata-rataAktivitas Siswa pada siklus 2 sebesar 93,83%. Hal ini juga menunjukkan bahwa skor ratarataAktivitas Siswa pada siklus 2 sudah mencapai target indikator keberhasilan. Indikatorkeberhasilan Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 80%.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Aktivitas Belajar Akuntansi siswa,SMK YPKK 2 Sleman.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.