PENGGUNAAN TES ESSAY DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v5i1.864Abstract
PENGGUNAAN TES ESSAY DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN
Dalam proses pembelajaran evaluasi memegang peranan yang sangat pentingng untuk dapat mengetahui keberhasilan pembelajaran. Dengan adanya evaluasi yang mengambarkan hasil yang sebenarnya yang telah dicapai sangat menentukan baik buruknya pembelajaran. Bentuk instrumen yang digunakan dalam evalusi sangat beragam, salah satunya adalah tes yang digunakan bentuk uraian (essay) yang sangat membantu siswa untuk dapat memaksimalkan segala pengetauan yang dimiliki dalam tulisan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Dibanding dengan bentuk lain (pilihan ganda, benar salah dll) bentuk ini sangat fleksibel.
Selain pertimbangan diatas penggunaan tes essay harus mempertimbangkan berbagai hal antaralain : (1) Pertanyaan/soal yang mengarah pada siswa untuk memperlihatkan segenap penguasaannya terhadap pengetahuan yang diperlukan, (2) Pertanyaan yang sudah tentu, yang para ahli pasti akan setuju bahwa jawaban seseorang lebih baik dari yang lain, (3) Pertanyaan yang lebih spesifik, yang bisa dijawab lebih singkat, (4) Hindari pemberian pertanyaan pilihan kepada siswa, kecuali dalam keadaan khusus, yang membuat adanya soal pilihan seperti itu dirasa perlu, (5) Ujilah pertanyaan yang dibuat, dengan menuliskan jawaban yang ideal untuknya, (6) Tulislah perintah/ soalnya sekomplit dan sespesifik mungkin, tanpa mengganggu tujuan pengukuran hasil pencapaiannya.
Setelah mempertimbangkan penulisan bentuk tes maka yang perlu diperhatikan adalan penilaian dalam tes Essay, hal-hal yang perlu diperhatikan : (1) Penggunaan beberapa analisis skor atau skala kualitas yang menyeluruh.(2) Urutan angka dari jawaban pertanyaan dengan pertanyaan dari siswa oleh siswa.(3) Jika memungkinkan, menyembunyikan dari penilai identitas siswa ketika jawaban dinilai. (4) Jika memungkinkan, menyusun tidak tergantung urutan penilaian jawaban, atau paling sedikit sampel mereka.
Kata Kunci : Pembelajaran, Evaluasi, Tes Essay
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.