BALANCE SCORECARD PERSPEKTIF PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN (LEARNING AND GROWTH PERSPECTIVE )
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v4i2.854Abstract
BALANCE SCORECARD PERSPEKTIF PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN(LEARNING AND GROWTH PERSPECTIVE )
Tahap perkembangannya balanced scorecard telah mengalami revolusi yang demikian cepat, tidak lagi sebagai alat pengukur kinerja perusahaan tetapi telah menjelma menjadi alat yang digunakan sebagai alat pelipatganda kinerja keuangan (financial-multiplying performance). Pendekatan balanced scorecard dalam melipatgandakan kinerja keuangan perusahaan tidak hanya berfokus pada aspek finansial saja tetapi juga pada aspek nonfinansial, yaitu finansial, customers, proses bisnis/intern dan pembelajaran dan pertumbuhan. Artikel ini secara khusus berusaha untuk mengupas aspek pembelajaran dan pertumbuhan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perusahaan melihat 3 faktor utama, yaitu Orang, Sistem, dan Prosedur organisasi yang berperan dalam pertumbuhan jangka panjang perusahaan. Tujuan di dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah menyediakan infrastruktur untuk mencapai tujuan dari ke-3 perspektif Balanced scorecard lainnya, dan merupakan pendorong untuk mencapai hasil yang baik sekaligus mendorong perusahaan menjadi Learning Organization dan memicu pertumbuhannya.
Keywords : balanced scorecard, learnings and growth, employee empowerment, employee satisfaction
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.