BALANCE SCORECARD PERSPEKTIF PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN (LEARNING AND GROWTH PERSPECTIVE )

Authors

  • Wardana Wardana

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v4i2.854

Abstract

BALANCE  SCORECARD PERSPEKTIF PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN

(LEARNING AND GROWTH PERSPECTIVE )

Tahap perkembangannya balanced scorecard telah mengalami revolusi yang demikian cepat, tidak lagi sebagai alat pengukur kinerja perusahaan tetapi telah menjelma menjadi alat yang digunakan sebagai alat pelipatganda kinerja keuangan (financial-multiplying performance). Pendekatan balanced scorecard dalam melipatgandakan kinerja keuangan perusahaan tidak hanya berfokus pada aspek finansial saja tetapi juga pada aspek nonfinansial, yaitu finansial, customers, proses bisnis/intern dan pembelajaran dan pertumbuhan. Artikel ini secara khusus berusaha untuk mengupas aspek pembelajaran dan pertumbuhan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.

Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perusahaan melihat 3 faktor utama, yaitu Orang, Sistem, dan Prosedur organisasi yang berperan dalam pertumbuhan jangka panjang perusahaan. Tujuan di dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah menyediakan infrastruktur untuk mencapai tujuan dari ke-3 perspektif Balanced scorecard lainnya, dan merupakan pendorong untuk mencapai hasil yang baik sekaligus mendorong perusahaan menjadi Learning Organization dan memicu  pertumbuhannya.

Keywords : balanced scorecard, learnings and growth, employee empowerment, employee satisfaction

 

Downloads

How to Cite

Wardana, W. (2014). BALANCE SCORECARD PERSPEKTIF PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN (LEARNING AND GROWTH PERSPECTIVE ). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v4i2.854