Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Akuntansi

The Effect Of Implementing A Team Games Tournament Type Learning Model On Collaboration Skills Of Accounting Students

Authors

  • Kalila Rahma Joharistima Universitas Sebelas Maret
  • Sri Sumaryati Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v23i01.83984

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Keterampilan Kolaborasi, Pendidikan, Akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan kolaborasi siswa akuntansi. Penelitian ini mengamati pentingnya kolaborasi sebagai soft skill yang penting di abad ke-21, yang berguna dalam pembelajaran yang efektif dan kesuksesan di masa depan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Penelitian ini diimplementasikan pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Sampel penelitian berupa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang memiliki jumlah 71 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang didasarkan pada skala Likert. Uji normalitas dan homogenitas digunakan untuk mengetahui apakah data memenuhi uji prasyarat. Pengujian hipotesis terdiri dari uji Paired Sample t-Test, Independent Sample t-Test, dan N-Gain yang dihitung dengan software SPSS versi 26.0 for windows. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa model pembelajaran TGT berbantu media Fabulous secara efektif memengaruhi kemampuan kolaborasi siswa, yang dibuktikan dengan skor N-Gain sebesar 0,4162 pada kelompok eksperimen. Artinya, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu media Fabulous mampu memengaruhi keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran akuntansi. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah apabila pendidik ingin meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa yang dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi efektif, maka pendidik dapat menerapkan metode pembelajaran tipe TGT ini dalam pembelajarannya.

References

Aboe, R. M., Thalib, S. B., & Bundu, P. (2024). The Role of Interactive Media in Teaching Pronunciation Through Communicative Language Teaching Approach. International Journal of Integrative Sciences, 3(7), 723–736. https://doi.org/10.55927/ijis.v3i7.10586

Adha, A., Rera, A., & Farisi, S. Al. (2023). Analysis of the TGT Cooperative Learning Model in Physics Learning: In Terms of The Implementation of Procedures and Principles. International Journal of Education and Teaching Zone, 2(1), 51–61. https://doi.org/10.57092/ijetz.v2i1.70

Aini, A. N., Kirana, A., & Suratni, S. (2024). Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik Melalui Pembelajaran Diskusi Dan Teams Games Tournament (Tgt). Jurnal Pendidikan Matematika Dan Integrasinya, 2(2), 57–63. https://doi.org/10.62426/pi.v2i2.74

Apriyani, D., Made Sudana, I., & Krisnawati, M. (2020). Keutamaan Soft Skills Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi Busana Dan Boga, 8(2), 166–170. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/teknobuga/index

Astutik, S., Susantini, E., Madlazim, Nur, M., & Supeno. (2020). The effectiveness of collaborative creativity learning models (CCL) on secondary schools scientific creativity skills. International Journal of Instruction, 13(3), 525–238. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13336a

Azwardi, A. (2021). Application of Rewards and Punishments in Improving Learning Outcomes of Islamic Religious Education in State Middle School 1 Tembilahan. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 261–274. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8497

Camacho, N., Nam, H., Kannan, P. K., & Stremersch, S. (2019). Tournaments to crowdsource innovation: The role of moderator feedback and participation intensity. Journal of Marketing, 83(2), 138–157. https://doi.org/10.1177/0022242918809673

Darmawan, R., & Aghni, R. I. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Baamboozle terhadap PeningkatanKeterampilan Kolaborasi Siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah, 20(1), 77–97. https://doi.org/10.1966/pji.v20i1

Dewi, P. D. K. P., & I Dewa Putu, J. (2023). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament pada Mata Pelajaran Biologi Kelas 11 Dapat Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 12(2), 121–133. https://doi.org/10.59672/emasains.v12i2.2790

Firman, Nur, S., & Taim, M. A. S. (2023). Analysis of Student Collaboration Skills in Biology Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 82–89. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.82-89

Georgopoulou, M.-S. (2024). Power of Synergy: Unlocking the Potential of Group Dynamics Through Team-Building Practices in Junior High School. European Journal of Education and Pedagogy, 5(2), 12–21. https://doi.org/10.24018/ejedu.2024.5.2.803

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st century skills: a guide to evaluating mastery and authentic learning. A SAGE Company.

Hasanah, W. U., & Karnawati, R. A. (2022). Pembelajaran Berbasis Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Poster Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 113 Jakarta. Jurnal Studi Kejepangan, 6.

Hidayati, N. (2019). Collaboration Skill Of Biology Students At Universitas Islam Riau, Indonesia. International Journal of Scientific & Technology Research Privacy Policy | Terms & Conditions INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 8(11), 208–211. www.ijstr.org

Hutasoit, S. A. (2021). Pembelajaran Teacher Centered Learning (TCL) Dan Project Based Learning (PBL) Dalam Pengembangan Kinerja Ilmiah Dan Peninjauan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(10), 1775–1799.

Kateryna, B. (2023). TEAM FORMATION AS A COMPONENT FORMATION OF A SUCCESSFUL CORPORATE ENVIRONMENT. Ukrainian Journal of Applied Economics and Technology, VIII(4), 194–199.

Khoerun Nisa, S., Nurutami Mulyati, R., Baida Kawali, N., & Alur, H. (2024). Analisis Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournamen (TGT) di Sekolah Dasar. Aurelia: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 1308–1313.

Kholifah, R. B., & Hariastuti, R. T. (2022). Gambaran Kecenderungan Kolaborasi Siswa SMK di Kecamatan Gempol. Ejournal Unesa, 12, 1001–1013.

Maesharoh, R. W., Muthali’in, A., & Iskak, I. (2024). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa dengan Metode TGT Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XE1 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 423–434. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.388

Mardhiyah, R., Aldriani, S., Chitta, F., & Zulfikar, M. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutandalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12, 29–40.

Masruroh, L., & Arif, S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Melalui Pendekatan Science Education for Sustainability dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 179–188. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii

Musdiani. (2019). Analisis Model Pembelajaran Terhadap Cara Mengajar Guru Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Penggolongan Hewan Di Kelas V SD Negeri Pante Cermin. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 60–68.

Nurhasana, I. (2021). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. AlL-FIKRU: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 217–229.

Nurwahidah, N., Samsuri, T., Mirawati, B., & Indriati, I. (2021). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik. Reflection Journal, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.556

Pei-qi, L. (2023). Student Teams Achievement Division (STAD) and Teams-Games-Tournaments (TGT) in Cooperative Learning. Education Journal, 12(5), 231–234. https://doi.org/10.11648/j.edu.20231205.16

Prasetyo, A. R., Kaloeti, D. V. S., Rahmadani, A., Salma, & Ariati, J. (2020). Buku Ajar Metodologi Penelitian Eksperimen. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Purnasari, P. D., Lidya Sumarni, M., & Damas Sadewo, Y. (2022). Pendampingan Pemilihan Model Pembelajaran Ditinjau Dari Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 12(1), 75–82. http://ojs.unm.ac.id/index.php/

Putri, R. D., Suprianto, B., Kholis, N., & Achmad, F. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE), 13(Vol. 13 No. 01 (2024): JPTE April 2024), 39.

Qomarudin, A. (2021). Aktivitas Pembelajaran Sebagai Suatu Sistem. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 24–34. http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/piwulang

Rusnawati, M. (2020). Komponen-Komponen Dalam Operasional Pendidikan. Jurnal Azkia, 15(2).

Safinatun Najaah, L. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kolaborasi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal JARLITBANG Pendidikan, 7(2), 115–122.

Salsabila, N. A., Selma, A., Karamy, A., Rohmah, S., & Nurhasanah, A. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament ( TGT ) dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa ( Studi Kegiatan Praktik Pengenalan Lingkungan Persekolahan di SMAN 6 Pandeglang ).

Samosir, A. (2023). TERPADU: Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Keterampilan Berkolaborasi Siswa di Kelas IV SDN 015900 Tinggi Raja Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 48–62. https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/index

Sari, M., Mingga Sonia Ningsih, M., Febriani, M., Febrianty, A., Widia Prawita, T., & Nurjannah, A. (2024). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Centered Learning. Universitas Dharmawangsa, 18(1), 219–230.

Setiawan, Z., Anna Lastya, H., & Sadrina. (2021). Penerapan TGT (Team Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Sigli. Jurnal Edukasi Elektro, 05(2), 131–137. https://journal.uny.ac.id/index.php/jee

Setyaningrum, N. E. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, Dan Manufaktur Siswa Kelas XIID AKL SMK Negeri 1 Singaraja Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan, 10(1), 66–81.

Shofiyah, N., Eka Wulandari, F., & Intan Mauliana, M. (2022). Collaboration Skills: Its Relationship with Cognitive Learning Outcomes in STEM Learning Keterampilan Kolaborasi: Hubungannya dengan Hasil Belajar Kognitif dalam Pembelajaran IPA Berbasis STEM. Procedia of Sciences and Humanities, 1231–1236. https://pssh.umsida.ac.id.

Soon, H. (2020). Comparing the Effectiveness of Student-Centred Learning (SCL) Over Teacher-Centred Learning (TCL) of Economic Subjects in a Private University in Sarawak. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 10(10), 147–160. www.ijicc.net

Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran (Tinjauan Pustaka). Wacana : Majalah Ilmiah Tentang Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 19(1).

Vygotsky, L. (1978). Reading on the Development of Children. Mind and Society. Cambridge, MA: Harvard University Press, 79–91.

Yanto, N., Muhiddin, S. M. A., & Arsyad, A. A. (2023). Kajian Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPA. Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST), 5(2), 168–177.

Zikrillah, A., & Humardhiana, A. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Board Game Edumaze Untuk Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Seni, 4(2), 163–174.

Downloads

Published

04/30/2025

How to Cite

Joharistima, K. R., & Sumaryati, S. (2025). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Akuntansi: The Effect Of Implementing A Team Games Tournament Type Learning Model On Collaboration Skills Of Accounting Students. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 23(01), 77–89. https://doi.org/10.21831/jpai.v23i01.83984